Brilio.net - Talenan plastik adalah salah satu peralatan dapur yang sangat umum digunakan karena praktis dan mudah dibersihkan. Namun, ketika digunakan terlalu sering, talenan plastik yang semula bersih dan putih bisa berubah menghitam seiring waktu. Penggunaan yang intensif dan kontak terus-menerus dengan berbagai bahan makanan bisa menyebabkan noda, bau, dan perubahan warna pada talenan plastik.

Penyebab utama menghitamnya talenan plastik adalah akumulasi bakteri dan jamur di permukaan yang tidak terlihat. Meskipun tampak bersih setelah dicuci, pori-pori mikro pada talenan plastik bisa menjadi tempat bersarangnya mikroorganisme tersebut. Selain itu, banyaknya bekas potongan pisau juga bisa memperparah kondisi ini, sehingga memberikan lebih banyak tempat bagi kotoran dan bakteri untuk bersembunyi.

Untuk menjaga talenan plastik tetap bersih dan higienis, diperlukan perawatan khusus yang lebih dari sekadar mencucinya dengan sabun dan air. Jika bingung, kamu bisa mencoba metode yang dibagikan pengguna Instagram @asi.siswandari. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak menggunakan cairan kimia sedikit pun. Pengguna Instagram tersebut justru mengandalkan bahan-bahan sederhana yang ada di dapur.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @asi.siswandari pada Rabu (25/9), bahan dapur yang dimaksud adalah cuka, baking soda, dan lemon. Nah, ketika bahan ini akan dicampur dan digunakan sebagai pembersih alami pada talenan plastik yang buluk dan hitam. Dengan begitu, talenan plastik jadi lebih higienis saat digunakan lagi.

foto: Instagram/@asi.siswandari

Untuk cara membersihkannya talenan, taburkan baking soda ke seluruh permukaannya. Setelah itu, ratakan menggunakan tangan. Di tahap ini, sebaiknya kamu menggunakan pelindung atau sarung tangan agar lebih aman.

Setelah itu, kucuri permukaan talenan dengan air lemon. Sesaat setelahnya, ratakan air lemon ini agar bercampur dengan baking soda. Jika sudah, diamkan selama kurang lebih 30 menit agar kedua bahan tersebut meresap ke dalam noda di talenan.

foto: Instagram/@asi.siswandari

Selanjutnya, tuang cuka secukupnya lalu gosok-gosok talenan menggunakan sabut kawat. Lakukan proses ini terus menerus sampai permukaan talenan benar-benar bersih. Jika perlu, kamu bisa menambahkan baking soda lagi ke permukaan talenan agar nodanya semakin mudah dibersihkan. Barulah kemudian bilas talenan dengan air.

foto: Instagram/@asi.siswandari

Nah, talenan plastik yang sudah dibersihkan ini jadi lebih kinclong. Meskipun tampilannya tidak putih seperti baru, namun talenan jadi lebih higienis saat digunakan. Dengan begitu, kamu tidak khawatir ada kontaminasi bakteri karena talenan sudah lebih bersih.