Brilio.net - Kamar mandi sering digunakan tapi jarang dibersihkan bisa menimbulkan noda kerak dan lumut, terutama bagian keramiknya. Kalau kedua noda tersebut sudah menumpuk jadi tebal, pastinya sangat sulit dibersihkan. Banyak orang membeli bahan khusus pembersih keramik, tapi harganya seringkali kurang bersahabat dengan kantong.

Maka dari itu, membuat racikan bahan pembersih sendiri di rumah bisa jadi jalan ninja biar tetap hemat, nih. Seperti yang dilakukan warganet di akun YouTube Yansah Art, pria ini membagikan cara bersihkan kerak dan lumut tebal di kamar mandi mengandalkan dua bahan dapur.

Usut punya usut, cara bersihkan kerak dan lumut ini bikin keramik kamar mandi jadi kesat serta kinclong lagi, lho. Jadi, kamu nggak perlu lagi membeli bahan pembersih khusus lantaran semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia di rumah.

Sebelum masuk ke caranya, siapkan dulu sedikit air bersih di wadah. Lalu larutkan pasta gigi secukupnya ke air tersebut. Jika sudah, masukkan garam dan cuka secukupnya. Yup, itulah dua bahan dapur utama untuk mempraktikkan cara membersihkan kerak dan lumut tebal di keramik kamar mandi.

"Jadi pakai cukanya agak banyak ya, teman-teman," timpal pemilik akun YouTube Yansah Art, dikutip BrilioFood pada Selasa (25/6).

foto: YouTube/Yansah Art

Setelah itu, aduk hingga semua bahan tercampur rata, lalu siramkan ke area keramik kamar mandi yang kotor. Jika sudah, langsung sikat keramik kamar mandi. Pemilik akun YouTube Yansah Art kali ini menyikatnya dengan sikat gigi bekas, tapi kamu juga bisa menggunakan jenis sikat lain yang menurutmu lebih ampuh mengangkat noda.

foto: YouTube/Yansah Art

Usai disikat sampai nodanya luntur, baru bilas keramik kamar mandi dengan air mengalir. Pemilik akun YouTube Yansah Art menunjukkan hasil keramik sebelum dan sesudah dibersihkan nih, hasilnya beda banget, kan?

foto: YouTube/Yansah Art