Brilio.net - Gagang pintu biasanya terbuat dari besi, supaya kokoh dan awet sampai bertahun-tahun. Meski begitu, bagian pintu satu ini sebaiknya dibersihkan secara berkala, sehingga warnanya tak berubah jadi kusam atau bahkan berkerak. Jika jarang dibersihkan, noda pada gagang pintu bisa membandel, lho.

Kalau sudah membandel, banyak orang bingung bagaimana trik membersihkannya, alhasil, gagang pintu dibiarkan kusam begitu saja. Nah, buat kamu yang belum tahu triknya, kamu bisa mencoba trik dari warganet di akun YouTube Leigh Matheson buat bersihkan gagang pintu, nih.

Dilansir BrilioFood pada Senin (17/6), warganet akrab disapa Leigh ini mempraktikkan trik bersihkan gagang pintu kamar mandinya. Tetapi, kamu juga bisa mencobanya pada gagang pintu lain yang ada di rumah. Usut punya usut, Leigh punya beberapa bahan untuk membantu bersihkan gagang pintu, dan tiga di antaranya berasal dari dapur, lho.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk bersihkan gagang pintu.

Yang pertama harus disiapkan yakni kain atau handuk bersih. Tuangkan detergen, sabun cuci piring, atau bahan pembersih apapun pada kain tersebut. Kemudian, usapkan ke seluruh permukaan gagang pintu.

Jika sudah, taburi kain dengan garam. Nah, garam jadi bahan dapur pertama untuk mempraktikkan trik ini. Pemilik akun YouTube Leigh Matheson menjelaskan, sebaiknya gunakan garam kasar biar lebih mudah mengangkat noda. Baru gosokkan kain yang sudah diberi garam tersebut pada gagang pintu hingga merata.

foto: YouTube/Leigh Matheson

Selanjutnya, celupkan kain pada wadah berisi air perasan jeruk nipis atau lemon. Langsung usapkan kain tersebut ke permukaan gagang pintu. Lalu, olesi gagang pintu dengan saus tomat hingga merata. Yup, air jeruk nipis atau lemon serta saus tomat ini jadi bahan dapur kedua dan ketiga pada trik ini.

Jika saus tomat sudah dioleskan secara merata, langsung gosok gagang pintu dengan kain sambil ditekan perlahan agar nodanya mudah luntur.

foto: YouTube/Leigh Matheson

Terakhir, gunakan spons kasar untuk menggosok seluruh permukaan gagang pintu hingga kerak atau noda penyebab kusamnya hilang. Selagi menggosok, kamu juga bisa menambahkan sabun dan air agar lebih efektif mengangkat noda.

Nah, saat gagang pintu sudah bersih dari noda, langsung bilas menggunakan kain bersih yang sudah dibasahi dengan air.

foto: YouTube/Leigh Matheson