Brilio.net - Sate menjadi salah satu kuliner legendaris yang disukai banyak orang. Umumnya sate dibuat dari potongan daging yang ditusuk dengan lidi lalu dibakar di atas bara api. Nah, di Indonesia sendiri, setiap daerah punya sajian sate yang dibuat dengan beragam cara dan bumbu.

Contohnya ada sate padang dengan bumbu yang kaya rempah serta sedikit pedas, sate maranggi disajikan bersama sambal rawit tomat, sate madura yang dibumbui dengan kacang tanah yang dihaluskan, dan masih banyak lainnya. Bahkan ketika momen-momen tertentu, masyarakat Indonesia pun biasa membuat sajian sate, lho. Misalnya saat momen tasyakuran, tahun baru, hingga Hari Raya Idul Adha.

Membakar sate bersama keluarga bisa jadi momen menyenangkan dan mendekatkan satu sama lain. Apalagi saat membuat sate membutuhkan kerjasama dalam menyiapkan bumbu, memotong daging, hingga menyediakan peralatan untuk membakar. Meski terlihat sepele, namun tak sedikit orang yang mengalami kendala ketika membakar sate di rumah.

Misalnya hasil bakaran tidak sempurna, alot, bahkan tusuk lidi ikut terbakar. Nah, mungkin kamu pernah merasakan pengalaman memasak sate hingga tusuk lidi ikut terbakar juga kan? Rupanya ada cara mencegahnya, lho. Seorang pengguna Instagram bernama @dydiex membagikan video cara membakar sate dengan memanfaatkan 1 alat sederhana.

"Manfaatkan kelopak batang pisang untuk sarana bakar sate," tulis @dydiex dalam video unggahanya yang dikutip BrilioFood, Senin (8/7).

foto: Instagram/@dydiex

Dalam video tersebut terlihat beberapa orang tengah sibuk dengan tugas masing-masing. Ada yang menyiapkan bumbu dan juga membakar sate di atas bara api. Namun yang bikin salah fokus rupanya mereka menggunakan pelepah batang pisang sebagai sarana bakar sate, lho. Tentu cara yang dipakai oleh @dydiex ini antimainstream banget. Terlebih hasil satenya matang sempurna, tanpa takut tusuk lidi ikut terbakar.

foto: Instagram/@dydiex

Untuk kamu yang ingin mencobanya, cara ini terbilang mudah. Siapkan daging yang telah diiris-iris dan dibumbui, lalu masukkan ke tusuk lidi. Kemudian siapkan beberapa pelepah pisang yang telah potong-potong dengan ukuran yang sama. Selanjutnya tancapkan tusuk lidi ke pelepah pisang. Satu pelepah pisang ini bisa berisi 5 tusuk sate. Tinggal bakar sate di atas bara api dan hasilnya pun sate antigagal.

foto: Instagram/@dydiex

Video milik @dydiex ini rupanya sangat menginspirasi banyak orang. Tak sedikit warganet yang memuji kreativitas cara membakar sate menggunakan kelopak batang pisang ini. Kolom komentarnya juga dibanjiri komentar warganet yang tertarik menggunakan trik ini namun ada juga yang sudah mengetahui cara ini.

"Keren sih, tusuknya jadi gak kebakar," ujar akun @aliashariz.

"Kok cerdas ini. Ngebaliknya bs sekalian banyak dan ga kuatir gosong tangkainya," komentar akun @aldynal_rkhm.

"Wuih keren n kreatif yak.Mksih ilmunya nih.walau pada bilang uda dr jaman dlu tapi disini kaga ada yg bakar cara gini," pungkas akun @erawati5362.

"Dirumah juga begini caranya dr jaman aq SD," tulis akun @vina.canteq.

"Cara kami di Flores sejak dlu ni," tutup akun @ummichiory165.