Brilio.net - Pakaian berwarna hitam menjadi salah satu item fashion yang banyak disukai oleh berbagai kalangan. Hal ini bukan tanpa alasan, karena baju hitam mudah dipadukan dengan warna lain. Selain itu, warna hitam juga dapat memberikan ilusi tubuh terlihat lebih ramping.

Namun, merawat baju hitam bisa menjadi tantangan tersendiri. Semakin sering digunakan, warna hitam pada baju bisa memudar dengan sendirinya. Ketika hal ini terjadi, baju hitam akan terlihat kusam saat dikenakan.

Jika mengalami masalah ini, tidak perlu terburu-buru untuk membeli baju hitam yang baru. Ternyata, ada cara sederhana untuk mengembalikan warna baju hitam seperti semula hanya dengan menggunakan satu bahan dapur yang biasanya digunakan untuk membuat minuman. Metode ini pernah dibahas oleh pengguna Instagram dengan nama @farhanbashel. Penasaran dengan caranya?

Dilansir BrilioFood dari Instagram @farhanbashel, Kamis (12/9), pemilik akun cuma mengandalkan kopi hitam sebagai bahan untuk mengembalikan warna hitam baju. Caranya rebus terlebih dahulu air dalam panci sampai mendidih. Jika sudah mendidih, masukkan kopi hitam secukupnya ke dalam panci. Aduk-aduk sampai kopi larut dalam air panas.

foto: Instagram/@farhanbashel

Setelah tercampur rata, tuang larutan kopi hitam ke dalam ember. Masukkan baju hitam ke dalam ember dan pastikan seluruh permukaannya terendam larutan kopi hitam secara sempurna.

"Dibiarin di air ini selama 1 jam," ungkapnya.

foto: Instagram/@farhanbashel

Semakin gelap warna air rendaman, maka semakin besar dampak pada hasil pigmentasi warna yang diberikan ke baju. Setelah direndam selama satu jam, baju bisa diambil untuk dicuci pakai detergen.

Cuci baju hitam seperti biasa. Jangan lupa digosok-gosok untuk memastikan tidak ada larutan kopi yang masih menempel di permukaan baju. Jika dirasa sudah bersih, bilas dan jemur baju hitam.

Baju hitam yang sudah kering bisa diangkat untuk melihat hasilnya bagaimana. Dalam video, tampak warna hitam yang awalnya pudar jadi pekat kembali.

"Hasilnya berhasil, coy!" ucapnya.

foto: Instagram/@farhanbashel

Video milik pengguna Instagram EDUKASI JABAN MEDIA ini langsung menyita perhatian banyak orang. Meski baru diunggah pada September 2023 lalu, video ini sudah ditonton hampir 600.000 kali dan sudah dibagikan sebanyak 16.000 kali oleh akun Instagram lainnya.