Brilio.net - Cangkir yang dipakai terus menerus bisa merubah kotor. Apalagi kalau digunakan untuk menyeduh teh, bagian dalam cangkir bisa dipenuhi noda kekuningan.

Kalau didiamkan saja, noda pada cangkir pun akan mengerak sehingga semakin sulit dibersihkan. Meskipun cangkir dicuci dan digosok berulang kali pakai sabun cuci piring, noda tersebut masih terlihat jelas.

Meski tidak selalu memengaruhi rasa air di dalam cangkir, namun hal ini membuat tampilannya kotor. Untuk membersihkannya, sejumlah orang sengaja merendam cangkir ke dalam larutan sitrun.

Setelah direndam semalaman, noda teh di cangkir pun langsung hilang. Tinggal bilas cangkir pakai air mengalir.

Tapi nggak melulu pakai sitrun. Ternyata ada bahan pembersih lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda teh di cangkir keramik.

Seorang pengguna Instagram @richaa94_ sempat menjelaskan setiap tahapnya di salah satu unggahan videonya. Di awal video, ia menunjukkan penampakan cangkir keramiknya yang dipenuhi noda teh.

foto: Instagram/@richaa94_

Membersihkan noda teh cuma pakai satu alat sederhana.

Alih-alih direndam sitrun, warganet ini langsung mengoles sekaligus menggosok bagian dalam cangkir keramik pakai pasta gigi. Agar merata, ia sengaja menggunakan sikat gigi bekas.

foto: Instagram/@richaa94_

Kalau olesan pasta gigi sudah merata, cangkir keramik bisa didiamkan terlebih dahulu selama beberapa menit. Tujuannya agar pasta gigi bisa bekerja maksimal menyerap seluruh noda teh di bagian dalam cangkir keramik.

Selanjutnya, bilas cangkir keramik pakai air mengalir. Pastikan kamu juga menggosok bagian dalam cangkir keramik pakai tangan. Tanpa tenaga ekstra, noda teh hilang tak tersisa.

foto: Instagram/@richaa94_

Hasilnya, gelas dan peralatan rumah lainnya jadi bersih maksimal seperti pertama kali beli.

foto: Instagram/@richaa94_

Tak cuma pada cangkir keramik, ternyata pasta gigi juga ampuh dipakai untuk menghilangkan kerak di permukaan gayung, lho. Oleh karena itu, kamu bisa meniru cara yang dilakukan warganet satu ini di rumah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rika Supartika (@richaaa94_)