Brilio.net - Daging ayam sering jadi andalan banyak orang untuk diolah jadi lauk sehari-hari. Selain enak, ayam juga bisa diolah dengan berbagai metode memasak, seperti digoreng, ditumis, dipanggang, dan masih banyak lagi. Berbagai olahan ayam terkenal lezat dan menggugah selera.

Karena sering diolah, sejumlah orang sengaja membeli ayam dalam jumlah banyak. Saat ada sisa, ayam bisa disimpan dalam freezer sebagai stok. Karena disimpan dalam suhu dingin, stok ayam pun akan tahan lama hingga hitungan bulan, lho.

Saat akan dimasak, tinggal keluarkan ayam dari freezer. Sayangnya, ayam yang disimpan di freezer jadi beku. Mau nggak mau kamu harus menunggu sekian lama agar bisa mengolahnya. Karena mau cepat, sejumlah orang sengaja merendam ayam dengan air panas atau memasukkannya ke microwave.

Tapi nggak melulu pakai dua cara tersebut, karena ada trik yang bisa dicoba untuk mencairkan ayam beku. Seorang pengguna Instagram @ivandacherlin sempat menunjukkan setiap langkahnya di salah satu unggahannya. Dalam unggahan videonya, warganet ini mengaku hanya memerlukan waktu 10 menit saja untuk mencairkan ayam bekunya, lho.

Bahan-bahan yang ampuh mencairkan ayam beku dalam hitungan menit.

Langkah pertama, tuang air hangat ke dalam wadah. Lalu tambahkan dua bahan dapur, yakni garam dan cuka. Agar hasilnya maksimal, pastikan kamu menggunakan takaran yang tepat, ya.

“Perbandingan cuka dan garamnya 1:1,” ujarnya dikutip BrilioFood dari Instagram @ivandacherlin pada Minggu (16/6).

foto: Instagram/@ivandacherlin

Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur sempurna. Kalau sudah, tuang larutan tersebut ke dalam wadah berisi ayam beku. Pastikan seluruh bagian ayam terendam sempurna, ya. Diamkan dan rendam ayam selama 10 menit.

foto: Instagram/@ivandacherlin

Setelah didiamkan selama 10 menit, tekstur ayam pun jadi lebih empuk. Nggak ada lagi bagian ayam yang masih beku dan keras. Dilansir dari thespruce.com, ternyata larutan garam dan cuka memanfaatkan sifat koligatif larutan. Alhasil butiran es di ayam jadi mencair cepat. Kalau sudah begini, ayam bisa langsung diolah sesuai selera.

foto: Instagram/@ivandacherlin

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ivanda Cherlin (@ivandacherlin)