Brilio.net - Puding karamel jadi salah satu dessert yang digemari banyak orang. Selain karena rasanya manis, hidangan satu ini cocok pula dikonsumsi di berbagai momen. Baik ketika bersantai hingga dijadikan hidangan di acara tunangan maupun pengajian.

Nggak melulu harus memesan di luar, kamu bisa mencoba membuat puding karamel sendiri di rumah. Pada dasarnya, kamu harus membuat puding dan karamel secara terpisah. Pertama, buatlah karamel terlebih dahulu untuk dicetak di dasar puding.

Namun, membuat karamel terkadang jadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Karena jika caranya kurang tepat, karamel yang dibuat berisiko gosong sehingga rasanya malah pahit. Tapi nggak cuma itu, seorang pengguna TikTok @anakkostbelajarmasak sempat menunjukkan pengalamannya saat membuat karamel juga berakhir gagal.

"Bukan gila inimah bodoh, nambah kerjaan aja," ungkapnya dikutip BrilioFood dari TikTok @anakkostbelajarmasak pada Rabu (17/7).

foto: TikTok/@anakkostbelajarmasak

Awalnya tidak ada yang aneh saat ia membuat karamel ini. Gula pasir dan air secukupnya ia masukkan ke teflon. Sambil diaduk terus-menerus dan dipanasi, gula pasir pun berubah menjadi karamel berwarna kuning keemasan. Karena teksturnya sudah mengental, ia langsung mematikan api kompor dan menuang karamel ke wadah plastik.

foto: TikTok/@anakkostbelajarmasak

Tampak dalam unggahan videonya, karamel langsung mengeras dan set di dalam wadah plastik yang dipakai. Tapi seiring berjalannya waktu, karamel malah berbuih. Karena penasaran, ia pun mengangkat wadah plastiknya. Ia begitu kaget karena ternyata bagian tengah wadah plastiknya sudah bolong.

foto: TikTok/@anakkostbelajarmasak

Usut punya usut, hal ini disebabkan karena wadah plastik tidak bisa menahan panas karamel yang baru saja diangkat dari teflon. Bahkan karamel dan wadah plastik yang meleleh menempel di permukaan meja dapur. Mau nggak mau, ia harus mengeroknya pakai pisau. Ribet, kan?

foto: TikTok/@anakkostbelajarmasak

Karena nggak mau nyerah gitu aja, warganet ini langsung membuat karamel dari awal lagi. Agar tidak gagal lagi, ia kali ini menuang karamel ke mangkuk berbahan keramik yang tahan panas.

foto: TikTok/@anakkostbelajarmasak

Selanjutnya, ia merebus agar-agar rasa cokelat sampai mendidih. Setelah mendidih, agar-agar langsung dituang di atas karamel di mangkuk yang tadi.