Brilio.net - Sepatu yang sering dipakai akan berubah kotor. Apalagi bagian solnya yang langsung terkena tanah. Terlebih jika sepatunya berwarna putih, noda tanah pun membuat tampilan sepatu tampak kekuningan.

Jika ingin membersihkan sepatu, sejumlah orang langsung membawanya ke tempat laundry. Tapi nggak sedikit juga yang membersihkan sepatunya sendiri di rumah. Misalnya, sepatu sengaja digosok pakai larutan sitrun. Setelah digosok beberapa saat, noda kuning di permukaan sepatu langsung hilang tak tersisa.

Tapi nggak perlu khawatir kalau stok sitrun di rumah sedang menipis. Karena seorang pengguna Instagram @scentmark.official memberikan cara lain untuk membersihkan sepatu.

foto: Instagram/@scentmark.official

Dilansir BrilioFood dari Instagram @scentmark.official pada Jumat (5/7), masukkan pasta gigi secukupnya ke mangkuk kecil. Kalau sudah, tambahkan satu bahan dapur, yakni baking soda.

foto: Instagram/@scentmark.official

Ia juga menambahkan 1 sdm sabun cuci piring ke wadah. Jadi, dua tambahan bahan dapur yang dipakai adalah baking soda dan sabun cuci piring. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur sempurna.

foto: Instagram/@scentmark.official

Oles sekaligus gosok permukaan sepatu pakai larutan pembersih yang sudah dibuat. Ratakan pakai sikat gigi bekas, ya.

Lakukan proses ini ke seluruh permukaan sepatu. Jangan lupa juga gosok bagian bawahnya, ya.

foto: Instagram/@scentmark

Setelah digosok secara menyeluruh, sepatu nggak perlu dibilas pakai air. Melainkan, usap seluruh permukaannya pakai tisu kering. Dalam sekali usap, seluruh noda membandel di permukaan sepatu langsung hilang tak tersisa.

Kalau dibandingkan dengan sepatu satunya yang belum dibersihkan, penampakannya terbaru jauh berbeda. Sepatu jadi kinclong kembali meski tanpa digosok larutan sitrun.