Dilansir BrilioFood dari YouTube Andy Bajoe pada Rabu (6/12), bahan sederhana yang dimaksud adalah pasir. Nggak perlu pakai jenis khusus, ia bahkan hanya mengambil pasir yang ada di pekaran rumahnya. Kemudian campurkan pasir tersebut dengan air lalu aduk merata.

"Langsung taruh aja ke wajan yang sudah dibasahi sebelumnya seperti ini," ungkapnya lebih lanjut.

foto: YouTube/Andy Bajoe

Selanjutnya, gosok-gosok permukaan wajan pakai jaring gosok. Karena tekstur pasirnya keras, kerak gosong di permukaan wajan pun hilang sedikit demi sedikit. Tapi nggak perlu khawatir, menurutnya cara ini tidak akan merusak lapisan wajan, kok.

"Malahan kalau kita menggosoknya pakai spons kawat, itu bisa mengurangi ketebalan dari wajan ya temen-temen," ucapnya.

foto: YouTube/Andy Bajoe

Lakukan prosesnya sampai seluruh kerak gosong di wajan hilang tak tersisa. Karena dirasa sudah cukup bersih, ia langsung membalikkan wajannya. Tampak bagian pantat wajan juga dipenuhi kerak gosong berwarna hitam legam.

"Langsung kita taburkan pasir di atasnya dan kita gosok-gosok lagi sambil ditekan sedikit sampai bersih," jelasnya.

foto: YouTube/Andy Bajoe

Setelah beberapa saat digosok, kerak gosong di pantat wajan pun bersih kembali. Kalau sudah, wajan bisa dibilas pakai air bersih. Hasilnya, wajan yang awalnya penuh kerak gosong berwarna hitam legam jadi bersih dan mengilap kembali, kan?

foto: YouTube/Andy Bajoe

Sebelum dipakai, wajan bisa dicuci pakai sabun cuci piring seperti biasanya. Hal ini untuk memastikan tidak ada larutan pasir yang tersisa di permukaan wajan. Jadi gimana, tertarik untuk mencoba trik ini?