Brilio.net - Bakso ayam adalah salah satu hidangan favorit banyak orang. Rasanya lezat dan teksturnya kenyal, dapat dijadikan menu harian. Salah satu rahasia di balik tekstur kenyal dari bakso adalah penggunaan tepung sebagai bahan dasarnya. Tepung, khususnya tapioka atau sagu, berperan penting untuk menghasilkan kekenyalan dan keutuhan bakso ayam. Bakso pun tak cuma kenyal, melainkan juga tidak mudah hancur saat dimasak atau direbus.

Tepung tapioka atau tepung sagu memiliki sifat elastis yang membantu mengikat daging ayam cincang dan bahan lainnya menjadi satu adonan yang homogen. Ketika adonan ini direbus atau dimasak, tepung tersebut mengembang dan memberikan struktur kenyal yang khas pada bakso ayam. Proses ini tidak hanya membuat bakso lebih enak saat digigit, tetapi juga memastikan bakso tetap utuh selama proses pemasakan, baik dalam sup, goreng, maupun kukus.

Sayangnya, penggunaan tepung dalam bakso ini sering kali membuat sebagian orang berpikir ulang saat hendak mengonsumsinya. Bukan tanpa sebab, beberapa orang yang diet atau menjaga pola makan tertentu biasanya akan menghindari makanan yang mengandung tepung, tak terkecuali bakso. Oleh sebab itu, mereka cenderung memilih alternatif makanan lain yang lebih sehat.

Padahal jika sedang diet, kamu tetap bisa mengonsumsi bakso ayam ini, lho. Ada resep bakso ayam tanpa tepung yang bisa dibuat sendiri di rumah. Resep ini pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @fevepar. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu bahan tambahan untuk mengikat bahan lain agar bakso yang dihasilkan lebih kenyal dan tak mudah hancur.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @fevepar pada Rabu (23/10), bahan tambahan yang dimaksud adalah tahu. Lebih tepatnya, dia menggunakan tahu putih yang teksturnya padat dan kering. Nah, tekstur tahu ini akan menggantikan tepung yang bisa membuat adonan bakso semakin padat.

foto: Instagram/@fevepar

Untuk proses membuatnya lebih lanjut, chopper 2 siung bawang putih dan 1 batang daun bawang. Lalu campur dengan 150 gram tahu, 200 gram dada ayam, dan 65 gram putih telur. Tambahkan 6 siung bawang merah da 2 siung bawang putih yang sudah ditumis dengan sedikit minyak.

foto: Instagram/@fevepar

Sebagai bumbunya, dia menggunakan 1 sdt garam, 1/2 sdt kaldu jamur, lada, dan 1/2 sdt gula diet. Setelah itu, chopper semua bahan tadi sampai benar-benar halus. Nah, adonan bakso yang sudah jadi bisa langsung dicetak.

foto: Instagram/@fevepar

Siapkan 2 liter air dalam panci terlebih dahulu. Lalu rebus sampai mendidih dan kecilkan api. Kemudian cetak adonan bakso dan langsung masukkan ke dalam air yang sudah dipanaskan tadi. Cetak sampai adonan habis, lalu rebus sampai mengapung.

foto: Instagram/@fevepar

Nah, bakso yang sudah mengapung bisa langsung disantap dengan saus. Atau bisa juga dimasak lagi bersama kuah kaldu yang gurih. Sekalipun tidak menggunakan tepung, namun bakso ini benar-benar kenyal dan enak, lho.