Brilio.net - Ayam rasanya jadi bahan makanan kecintaan semua umat. Selain enak ayam juga mudah diolah menjadi berbagai hidangan lezat dan mengenyangkan. Nah, salah satu olahan ayam yang sering dikonsumsi banyak orang adalah ayam goreng. Rasanya gurih, apalagi kalau digoreng garing bisa bikin nagih. Selain itu, bagian dalam daging biasanya tetap lembut meski luarnya renyah.

Super simpel dan enak, ayam goreng sendiri bisa diolah dengan berbagai cara. Seperti digoreng bersama tepung agar lebih renyah, diungkep terlebih dahulu sebelum digoreng, ataupun langsung digoreng pakai bumbu marinasi. Pastinya ayam goreng ini cocok dijadikan menu andalan sehari-hari, lho.

Namun rupanya masih banyak orang yang enggan memasak ayam goreng sendiri. Bukan tanpa sebab, pasalnya bagi sebagian orang menggoreng ayam ini bisa jadi PR tersendiri. Salah satunya saat dicelupkan ke dalam minyak panas, ayam goreng bisa langsung bikin minyak meletup hingga melukai kulit. Tak sedikit orang biasanya menyiasati hal ini dengan menaburkan tepung ke dalam minyak panas. Baik tepung beras, tapioka, maupun terigu dianggap bisa membuat minyak jadi tenang sehingga daging ayam tidak meletus saat digoreng.

Namun jika kamu tengah menghindari penggunaan tepung jangan khawatir. Kamu bisa mencoba cara yang dilakukan oleh pengguna Instagram bernama @asi.siswandari. Lewat salah satu unggahannya videonya, ia membagikan trik goreng ayam tanpa tanpa pakai tepung agar minyak tidak meletup dan hasilnya garing. Dilansir BrilioFood dari Instagram @asi.siswandari pada Jumat (12/7), dia menggunakan bawang putih dan jahe.

foto: Instagram/@asi.siswandari

Sebelum dimasukkan, panaskan minyak yang akan digunakan untuk menggoreng ayam. Barulah masukkan daging ayam, satu persatu ke wajan penggorengan. Jika sudah masukkan 1 ruas jahe dan 1 buah bawang putih. Kemudian goreng ayam seperti biasa hingga matang dan garing.

foto: Instagram/@asi.siswandari

Pemilik video pun kemudian mencoba mendekatkan tangannya ke wajan penggorengan dan terbukti minyak tidak menyiprat atau meletup sama-sekali. Nah, penggunaan jahe dan bawang putih ini memang efektif mengurangi letupan minyak, lho. Karena pada dasarnya, jahe dan bawang putih yang dimasukkan ke dalam minyak akan menyerap kandungan air dari daging ayam. Oleh sebab itu, kondisi minyak jadi lebih tenang karena kandungan airnya berkurang.

foto: Instagram/@asi.siswandari

Sejak diunggah pada 5 April 2024 lalu, video milik @asi.siswandari ini mendapat perhatian banyak warganet. Rupanya tak sedikit warganet yang kerap merasakan kendala sama saat menggoreng ayam. Mereka pun terbantu dengan trik menggoreng ayam ini.

"Wah bener bgt ini mba sampe mukaku korban cipratan minyak gara2 goreng ayam huhu, makasih tipsnya mba," ujar Instagram @rumah.kaia

"Waa makasih mba wajib dipraktekin nih biar ga lari2 klw minyaknya jetor," tulis Instagram @nurrin_nurrinawati

 "Aku baru tau biasanya make tepung beras," pungkas Instagram @naningdinar

"Receh tapi ngaruh banget ya mbaaa makasih mba tipsnya," komentar akun @n.ayutifani