Brilio.net - Meja makan adalah pusat aktivitas keluarga, tempat berkumpul untuk menikmati hidangan dan berbagi cerita. Namun jika tidak dirawat dengan baik, meja makan bisa menjadi sarang bagi bakteri dan kuman.

Noda makanan yang membandel, terutama dari sisa-sisa makanan berlemak dan tumpahan minuman, dapat menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme berbahaya. Apabila tidak dibersihkan dengan benar, meja makan dapat menjadi sumber kontaminasi yang mengancam kesehatan seluruh anggota keluarga.

Masalah utama yang dihadapi dalam menjaga kebersihan meja makan adalah noda makanan yang sulit dihilangkan. Noda saus, minyak, dan rempah-rempah sering kali meninggalkan bekas yang membandel, meskipun sudah dibersihkan berkali-kali.

Bahan-bahan tertentu bahkan dapat meresap ke dalam permukaan meja, terutama jika meja tersebut terbuat dari kayu atau material berpori lainnya. Akibatnya, bakteri dan kuman dapat bersembunyi di celah-celah kecil, sulit dijangkau oleh pembersihan biasa, dan terus berkembang biak.

Jika sudah telanjur kotor dan penuh noda membandel, biasanya sabun biasa tidak bisa ampuh mengangkat kotoran di atas meja. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan trik yang digunakan pemilik akun Instagram @ninazeidien dalam membersihkan meja makan yang penuh noda membandel. Alih-alih menggunakan sabun, warganet tersebut justru menggunakan ampas dapur.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @ninazeidien pada Senin (23/9), ampas dapur yang dimaksud adalah air cucian beras. Nah, air cucian beras ini akan semakin efektif menghilangkan noda ketika dicampur dengan bahan lain, seperti baking soda. Tak hanya noda di meja makan, campuran baking soda dan air cucian beras bisa membersihkan berbagai macam kotoran di kaca, kulkas, atau bahkan dapur.

foto: Instagram/@ninazeidien

Cara pakainya, cukup masukkan air cucian beras ke dalam botol spray. Lalu tambahkan 1 sdt baking soda. Jika sudah, tutup botol dan kocok-kocok agar kedua bahan tersebut tercampur merata.

foto: Instagram/@ninazeidien

Selanjutnya, langsung semprotkan cairan ini ke permukaan meja makan yang penuh noda. Jika nodanya sudah kering dan mengerak, diamkan selama beberapa saat. Barulah kemudian gosok-gosok menggunakan kain lap. Lakukan proses ini sampai nodanya terangkat dan meja makan jadi bersih lagi.

foto: Instagram/@ninazeidien

Pada dasarnya, air cucian beras mengandung berbagai nutrisi dan enzim alami yang dapat membantu membersihkan dan mengangkat kotoran dari permukaan meja. Kandungan pati dalam air cucian beras bekerja sebagai agen pembersih alami yang efektif dalam melarutkan lemak dan minyak yang sering kali menjadi sumber utama noda membandel.

"Namun karena tidak pakai pengawet sebaiknya jangan simpan terlalu lama, ya," ujar Instagram @ninazeidien.

Sejak diunggah pada 10 September lalu, video tentang trik bersihkan noda makanan di meja ini telah ditonton lebih dari 14 ribu kali. Siapa sangka, tidak sedikit pengguna Instagram lain yang kemudian memberikan tanggapan secara langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku baru tahu dan tertarik mempraktikkan langsung trik tersebut.

"Wah ternyata bnyak bangeet manfaatnya yaa," sahut Instagram @indahutamies.

"wiiihhhh harus d praktekin niihhh," papar Instagram @ocidlaatansa.

"wahh baru tau..makasih banyak mba Nina infonyaa," kata Instagram @vimawulansari.

"Wajib coba," tulis akun Instagram @nur_cooking_hijab.

"Baru tau manfaatnya bisa buat bersih² kaca, makasih infonya mbaNin," komentar akun Instagram @aguswatis.