Brilio.net - Rice cooker modern telah mengalami banyak perkembangan. Salah satunya adalah kemampuan untuk menanak nasi dengan hasil yang lebih sehat, yaitu rendah karbohidrat. Beberapa jenis rice cooker canggih kini dilengkapi dengan teknologi khusus yang mampu mengurangi kadar karbohidrat dalam nasi, sehingga menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang ingin menjaga pola makan rendah karbohidrat atau memiliki kondisi kesehatan tertentu. Inovasi ini tidak hanya mempertahankan rasa dan tekstur nasi yang enak, tetapi juga membantu mengontrol asupan gula darah.

Rice cooker modern ini bekerja dengan cara memisahkan pati yang larut dalam air selama proses memasak. Melalui metode ini, sebagian karbohidrat dapat dibuang bersama dengan air sisa masakan, menghasilkan nasi yang lebih rendah karbohidrat. Teknologi ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang ingin mengurangi asupan kalori tanpa harus mengorbankan kenikmatan makan nasi.

Sayangnya, tentu tidak semua orang memiliki rice cooker modern ini. Walaupun begitu, bukan berarti kamu nggak bisa menanak nasi yang rendah karbohidrat, lho. Seorang pengguna YouTube Endang Mengge pernah membagikan trik menanak nasi agar hasilnya lebih sehat rendah karbohidrat.

foto: YouTube/Endang Mengge

Dilansir BrilioFood dari YouTube Endang Mengge pada Senin (14/10), warganet tersebut mengaku hanya mengandalkan dandang. Namun dia juga menyiapkan saringan khusus untuk menanak nasi yang penuh lubang di setiap sisinya. Jika tidak ada, kamu dapat menggunakan alat steam nasi.

"Kalau tidak punya alat steam nasi, pokoknya alat yang berlubang di bagian tepi dan bagian bawahnya," ujar YouTube Endang Mengge.

foto: YouTube/Endang Mengge

Nah, masukkan beras ke dalam saringan tersebut. Lalu cuci bersih dan ratakan permukaannya. Jika sudah, masukkan ke dalam dandang atau panci yang ukurannya lebih lebar dan besar dari saringan tersebut.

Setelah itu tuang air ke dalam panci. Jika umumnya, air yang digunakan hanya seruas jadi, maka metode ini memerlukan air setinggi dua ruas jari. Menurut pengguna YouTube Endang Mengge, takaran airnya ini bisa juga dilebihkan sedikit.

foto: YouTube/Endang Mengge

Selanjutnya, masak sampai airnya mendidih. Jika sudah mendidih, susutkan airnya sampai seruas jari. Lalu angkat saringan dan tiriskan air di beras aron tersebut. Nah, buang air tajin bekas memasak beras tadi. Hal inilah yang akan membuat nasi jadi lebih rendah karbohidrat.

foto: YouTube/Endang Mengge

Jika sudah, isi panci atau dandang dengan air yang baru dan didihkan. Kemudian masukkan beras aron tadi dan kukus sampai matang. Nah, nasi yang sudah matang jadi lebih sehat. Nggak cuma itu, teksturnya juga pulen, sehingga lebih menggugah selera saat dikonsumsi.