Cara hilangkan noda hitam di kerah baju.

Yang pertama harus disiapkan yaitu baskom kecil. Kemudian, masukkan sitrun (citric acid) dan detergen cair secukupnya. Tak sampai situ saja, tambahkan pula 1 sdm sabun cuci piring. Yup, sabun cuci piring inilah bahan dapur utama untuk mempraktikkan trik hilangkan noda hitam di kerah baju ini.

Kemudian, larutkan ketiga bahan pembersih tersebut dengan 1 gayung air panas. Aduk rata, lantas rendam baju yang punya noda hitam di kerahnya di dalam racikan tersebut. Diamkan selama beberapa saat agar nodanya mudah hilang.

"Saya rendam pakaian ini selama 3 jam, makin lama semakin bagus," tutur pemilik akun YouTube Queen azzahra family, dikutip BrilioFood pada Minggu (28/4).

foto: YouTube/Queen azzahra family

Usai direndam, kucek seluruh bagian baju sampai nodanya hilang. Biar nodanya lebih gampang luntur dari baju, terutama di area kerahnya, pemilik akun YouTube Queen azzahra family mengatakan, ia kerap menguceknya bersama sabun batangan.

foto: YouTube/Queen azzahra family

Setelah dikucek, bilas baju dengan air bersih sampai tak ada lagi sisa sabun. Terakhir, tinggal keringkan baju menggunakan spinner mesin cuci ataupun dijemur di bawah sinar matahari secara manual. Lihat, kerah baju yang semula punya noda hitam jadi kinclong lagi, kan?

foto: YouTube/Queen azzahra family

Gimana, kamu tertarik mencoba trik hilangkan noda hitam di kerah baju seperti ini atau punya trik lain? Mengintip unggahan YouTube Queen azzahra family, selain sudah mendapat banyak komentar antusias dari warganet, video ini juga sudah ditonton hingga 10 ribu kali, lho.

 

 

Cara menggunakan sitrun untuk bersihkan alat dapur.

Kamu dapat mencuci banyak perabotan dapur dengan campuran air dan cuka sari apel atau air dengan tambahan sitrun. Berikut cara menggunakannya untuk bersihkan alat dapur.

1. Panci dan wajan.

Air larutan sitrun dapat membantu menghilangkan lemak yang melekat dan noda pada panci dan wajan.

2. Pisau dapur.

Membersihkan pisau dengan air larutan sitrun dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap dan mensterilkan permukaannya.

3. Talenan.

Air larutan sitrun efektif untuk membersihkan talenan dari sisa makanan dan menghilangkan bau tidak sedap.

4. Blender.

Setelah menggunakan blender, kamu bisa mencuci dengan air larutan sitrun untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan bau.

5. Microwave.

Membersihkan microwave dengan air larutan sitrun dapat membantu menghilangkan noda dan bau tidak sedap.

6. Keran dan permukaan stainless steel.

Kamu bisa menggosokkan air larutan sitrun pada keran dan permukaan stainless steel untuk menghilangkan noda dan membuatnya berkilau.

7. Kulkas.

Air larutan sitrun juga dapat digunakan untuk membersihkan kulkas dan menghilangkan bau tidak sedap.

Pastikan untuk mencuci semua perabotan dengan air bersih setelah menggunakan air larutan sitrun untuk menghilangkan residu asam. Selain itu, selalu lakukan uji coba kecil terlebih dahulu pada permukaan yang tidak mencolok untuk memastikan tidak terjadi kerusakan.