Brilio.net - Toples plastik sering digunakan sebagai wadah. Bahannya ringan, toples plastik pun banyak dipilih dibandingkan toples berbahan lain, seperti kaca. Namun toples plastik juga rentan rusak jika digunakan menyimpan bahan makanan bersuhu panas.

Salah satu kerusakan yang kerap terjadi adalah adanya lubang di toples. Lubang-lubang tersebut dapat disebabkan beberapa faktor. Pertama, penggunaan toples yang terbuat dari bahan plastik tidak tahan terhadap suhu tinggi atau bahan kimia tertentu dapat menyebabkannya jadi rapuh dan rentan retak atau berlubang. Kedua, gesekan atau tekanan berulang kali pada permukaan toples juga dapat menyebabkan toples jadi berlubang.

Lubang-lubang pada toples plastik dapat mengakibatkan kebocoran udara, yang bisa mempercepat kerusakan makanan yang disimpan di dalamnya. Makanan pun jadi basi atau terkontaminasi bakteri dan jamur. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa toples secara berkala dan menggantinya jika ditemukan adanya lubang atau kerusakan lainnya.

Memang pada umumnya, sejumlah orang akan memilih langsung membuang toples yang sudah berlubang. Namun alih-alih membuangnya, kamu bisa memperbaiki atau menambal lubang tersebut agar toples kembali rapat dan tak bocor. Seorang pengguna TikTok @diy.lifehacks.id pernah memberikan trik tersebut melalui salah satu video yang diunggah.

Dilansir BrilioFood dari akun TikTok @diy.lifehacks.id pada Selasa (28/5), dia mengaku tidak menggunakan lem saat menambal toples plastik yang berlubang. Namun ada satu alat sederhana yang dianggapnya lebih ampuh menutup lubang pada toples plastik.