Brilio.net - Ketika sedang mengolah daging ayam, kamu pasti pernah mendapati gumpalan darah yang tertinggal di sela-sela tulang. Merasa sudah bersih dari darah, terkadang darah ayam justru muncul kembali saat ayam sedang digoreng.

Darah yang masih tertinggal pada ayam akan menimbulkan bau tak sedap, selain itu juga bisa memengaruhi kualitas dari rasa ayam goreng. Tak hanya itu, darah ayam juga tidak baik untuk kesehatan lantaran menjadi perantara pertumbuhan bakteri. Maka dari itu, darah ayam penting untuk dihilangkan hingga bersih.

Untuk mengatasinya, biasanya kebanyakan orang menggunakan jeruk nipis dalam proses menghilangkan darah yang tersisa daging ayam. Ternyata, selain jeruk nipis ada bahan dapur lain yang bisa kamu gunakan untuk menyingkirkan darah daging ayam, lho.

Pemilik akun Instagram @melizah21 membagikan trik menghilangkan darah ayam menggunakan cuka. Caranya cukup mudah dan hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menit.

"Goreng ayam suka berdarah, atasi dengan cara ini saja," tulisnya dikutip BrilioFood dari Instagram @melizah21, Rabu (10/7).

Pertama, siapkan ayam yang ingin dibersihkan darahnya dan masukkan ke dalam wadah. Lalu, tuang cuka secukupnya hingga semua daging terendam.

"Campurkan dengan air cuka, dan diamkan selama 2 sampai 5 menit," lanjutnya.

trik menghilangkan sisa darah ayam
Instagram/@melizah21

Dalam konten tersebut, pemilik video tampak menggunakan kurang lebih 150 ml cuka untuk 500 gram daging ayam. Aduk-aduk perlahan, dan diamkan selama 2 hingga 5 menit. Tujuannya agar cuka tersebut bereaksi untuk merangsang darah keluar pada ayam.

trik menghilangkan sisa darah ayam
Instagram/@melizah21

Setelah dibiarkan selama 2 hingga 5 menit, buang air cuka dan bilas daging ayam menggunakan air mengalir hingga bersih. Setelah dibilas, saring daging ayam untuk menyingkirkan sisa air cucian daging ayam. Kini, daging ayam siap untuk dimasak sesuai selera.

trik menghilangkan sisa darah ayam
Instagram/@melizah21

Konten itu banyak mendapat tanggapan dari warganet. Banyak yang mengaku baru mengetahui trik. Ada juga yang menanyakan efek cita rasa pada ayam setelah direndam cuka.

"mba nanti rasa ayamnya gimana ya setelh dikasih cuka dan direndam dengan air begitu?" komen akun Instagram @ralinee_novi

Selain efektif untuk mengeluarkan darah pada ayam, trik ini juga tak akan merubah rasa dari ayam, lho.

"aman aja mba," jawab pemilik akun Instagram @melizah21.

Selain itu, pemilik akun juga membagikan resep ayam karage ala marinasi yang simpel, setelah ayam dihilangkan darahnya.

trik menghilangkan sisa darah ayam
Instagram/@melizah21

Caranya, siapkan 1 sachet bumbu marinasi ayam, 2 sdm tepung maizena, 2 sdm air, 1/2 sdt lada bubuk, dan 1 sachet bawang putih bubuk. Campurkan semua bumbu dengan ayam, dan diamkan sesaat agar bumbu meresap ke dalam daging ayam.

Setelah itu, goreng dengan api sedang. Tunggu hingga matang, dan siap disajikan bersama nasi hangat atau dijadikan camilan. Mudah sekali ya, tertarik untuk mencoba?