Penggunaan bahan dapur sebagai pupuk ini lantas dijelaskan lebih lanjut oleh pengguna TikTok @fakhri.dn. Dilansir BrilioFood pada Rabu (15/11), bahan tersebut adalah ampas kopi. Menurut pengguna TikTok @fakhri.dn, ampas kopi bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan tanaman agar daunnya lebih lebat dan hijau.

foto: TikTok/@fakhri.dn

Cara pakainya pun sangat mudah. Jadi ampas kopi dari satu cangkir gelas harus dibagi terlebih dahulu jadi dua bagian. Sebagian yang pertama harus dicampur dengan 2 liter air untuk dijadikan pupuk cair. Lalu siramkan langsung ke satu pohon jeruk purut.

foto: TikTok/@fakhri.dn

Lantas sisa ampas kopi yang masih ada di gelas bisa langsung dituang ke tanah sekitar pohon jeruk purut tersebut. Selain melebatkan daun pada pohon jeruk purut, ampas kopi ini juga bisa membantu mengusir hama, lho. Dengan begitu hasil daun yang tumbuh akan lebih sehat dan hijau.

foto: TikTok/@fakhri.dn

Unggahan tentang trik melebatkan pohon jeruk purut ini sontak menarik perhatian warganet. Siapa sangka, ada banyak pengguna TikTok lain yang ikut memberikan berbagai macam tanggapan positif di kolom komentar.

"baru tau kalou ampas kopi bisa d jadiin pupuk organik,mksih infonya maz,nh bermanfaat banget," ungkap TikTok @herman30cahyono.

"Keren mas... boleh dicoba ki buat pupuk organik tanaman bunga di pekarangan rmah ku," kata TikTok @dzakwannasikhin1.

"baru tau mas ..selama ini tau y ampas teh," papar TikTok @winarti12319.