Usut punya usut, bau apek di mesin cuci disebabkan karena pertumbuhan jamur, bakteri, dan kotoran yang menumpuk di dalamnya. Kalau sudah begini, sebagian orang sengaja membersihkan tabung mesin cuci pakai baking soda.

Baking soda yang sudah dilarutkan dengan air tinggal dimasukkan ke dalam tabung mesin cuci. Jalankan siklus pencucian tanpa pakaian lalu bilas mesin cuci. Penggunaan baking soda dipercaya bisa menghilangkan bau di dalam tabung mesin cuci.

Tapi nggak melulu pakai baking soda, kamu juga bisa memanfaatkan bahan lainnya untuk menghilangkan bau apek di mesin cuci. Cara ini sempat ditunjukkan oleh pengguna Instagram @rumahsachibii.

Di awal video, warganet satu ini menunjukkan kondisi mesin cucinya. Karena lupa menjemur bajunya, alhasil bagian dalam mesin cuci jadi bau apek.

"Mesin cuci lembap, bau apek, nggak banget, deh," ujarnya dikutip BrilioFood dari Instagram @rumahsachibii pada Senin (2/10).

foto: Instagram/@rumahsachibii

Untuk membersihkannya, ia punya cara tersendiri. Bukan pakai larutan baking soda, melainkan sebiji buah lemon dan pasta gigi. Caranya, belah lemon jadi dua bagian sama besar.

foto: Instagram/@rumahsachibii

Setelah itu, tambahkan pasta gigi secukupnya ke atas potongan lemon tadi. Jika sudah, masukkan potongan lemon ke dalam tabung mesin cuci. Tambahkan air, lalu nyalakan mesin cuci seperti biasa.

"Lemon efektif menghilangkan bau. Odol mempunyai kandungan seperti baking soda yang efektif untuk membersihkan," ungkapnya lebih lanjut.

foto: Instagram/@rumahsachibii

Keluarkan potongan lemon jika mesin cuci sudah mati. Proses membersihkan mesin cuci pakai cara ini hasilnya tampak maksimal. Selain bau apeknya hilang, tabung mesin cuci jadi kinclong lagi.

"Efeknya luar biasa, terpantau shining, shimmering, splendid (bersinar, berkilauan, indah)," ucapnya.

foto: Instagram/@rumahsachibii

Gimana, sederhana banget kan caranya? Buat yang sering mengalami kejadian serupa, mungkin bisa mempraktikkan cara ini di rumah. Mengintip kolom komentar di unggahan Instagram @rumahsachibii yang sudah ditonton 40 ribu kali, banyak warganet yang terinspirasi, lho.

"Wowww br knoooow," tulis akun Instagram @rumah_nayne.

"Wooww aku baru pake ini, nikita wiliih bisa aja nih tipsnya," ujar akun Instagram @mini.hozz.

"nice tips teh," ucap akun Instagram @rumah.riqata.

"Wah baru tahu ini kucoba ahhh," sahut akun Instagram @rumah_home2.

"Mksh tips nya mba kadang nyuci pagi lupa sampe malem baru jemur," tulis akun Instagram @home_zr.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Putrigandelania (@rumahsachibii)