Nanas dikenal sebagai buah segar karena kaya kandungan air. Di sisi lain, buah ini juga disukai karena punya banyak manfaat untuk tubuh. Dilansir dari health.clevelandclinic.org, nanas tinggi vitamin dan mineral untuk bantu melawan inflamasi, melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, dan lain sebagainya.

Buah nanas juga gampang ditemui baik di pasar tradisional, toko buah, atau supermarket. Usai membawa nanas ke rumah, kadang-kadang banyak orang bingung cara mendeteksi kematangan daging buahnya. Kalau keliru, bisa-bisa nanas yang dikonsumsi masih asam dan bertekstur keras, lho.

Salah satu trik paling mudah, yakni dengan mengamati warna kulitnya. Jika lebih banyak warna kuning dibanding hijau pada kulitnya, biasanya nanas tersebut sudah matang. Di sisi lain, selebriti chef akrab disapa Vindy Lee menjelaskan, kamu sebenarnya bisa mendeteksi apakah nanas sudah matang dengan menghirup baunya.

 

TikTok/@vindyleetiktok

Lewat sebuah unggahan di akun TikTok @vindyleetiktok, Vindy mengatakan, nanas yang sudah matang biasanya mengeluarkan aroma manis yang cukup kuat. Nah, ia juga punya satu trik lagi untuk mendeteksi nanas yang sudah matang hanya dengan satu langkah sederhana.

TikTok/@vindyleetiktok

Trik yang dimaksud, yaitu mencabut salah satu daun atau mahkota buah nanas, terutama yang ada di bagian tengahnya. Menurut Vindy Lee, jika proses mencabutnya mudah, bisa dipastikan buah nanas sudah matang dan siap dikonsumsi.

TikTok/@vindyleetiktok

Ia juga melakukan hal yang sama pada satu buah nanas lain. Ternyata, daun atau mahkotanya masih cukup keras untuk dicabut. Artinya, nanas bisa didiamkan dulu atau diperam sampai kondisinya benar-benar matang sebelum dikupas dan dimakan.

"Ini agak susah, masih kurang matang," tegasnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @vindyleetiktok pada Rabu (31/7).

TikTok/@vindyleetiktok

Vindy Lee juga membagikan trik agar memotong nanas jadi lebih mudah, nih. Semula, belah dan sisihkan dulu bagian atas serta ekor buah nanas menggunakan pisau. Kemudian belah bagian tengah buah nanas, sehingga jadi dua bagian.

Setelah itu, telungkupkan potongan nanas di atas talenan. Lalu, potong-potong nanas mengikuti pola kulitnya. Vindy Lee menyebut potongan nanas ini dengan istilah potong saling-silang.

TikTok/@vindyleetiktok

Kalau sudah dipotong saling silang, nanas siap disajikan. Vindy Lee biasanya menaburi nanas dengan sedikit garam terlebih dahulu, karena menurutnya garam bisa bikin buah terasa lebih manis.