Brilio.net - Daging ayam jadi salah satu sumber protein yang sering diolah masyarakat Indonesia. Selain mudah didapat, ayam juga bisa dimasak jadi berbagai hidangan yang lezat dan menggugah selera. Bahkan kalau dibandingkan dengan daging sapi atau kambing, daging ayam terbilang lebih mudah diolah karena cepat matang dan empuk dalam waktu singkat.

Sebelum diolah jadi berbagai hidangan, ayam harus dibersihkan terlebih dahulu. Nggak cukup cuma dibilas air saja, ayam juga biasanya direndam air perasan jeruk nipis. Tujuannya agar ayam tidak bau amis. Usut punya usut, bau amis ini berasal dari sisa darah yang terkandung dalam daging ayam. Kalau tidak diolah dengan baik, bau amis ini masih tercium meski ayam sudah dimasak dengan berbagai bumbu, lho.

Untuk menyiasatinya, kamu nggak melulu harus pakai jeruk nipis. Kamu bisa mengandalkan bahan dapur lainnya, seperti yang dilakukan oleh pengguna YouTube Dwimonica kitchen. Dalam unggahan videonya, tampak warganet ini mengganti jeruk nipis dengan dua bahan dapur lainnya. Penasaran bagaimana caranya?