Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, ada tiga eksperimen untuk menghilangkan bau amis ikan, sehingga pemilik akun YouTube FishingAP sudah menyiapkan ikannya jadi tiga bagian dan meletakkan ketiga piring berbeda. Bahan marinasi yang dipakai yakni ada air garam, susu, serta cooking wine (arak masak).

foto: YouTube/FishingAP

Usai dimarinasi beberapa saat, ketiga ikan tersebut lantas dicuci bersih, dikeringkan, lalu dimasak dengan cara yang sama. Pemilik akun YouTube FishingAP hanya memasaknya dengan cara pan fried (menggoreng dengan sedikit minyak), sehingga masih sangat kentara apabila bau amisnya belum benar-benar hilang.

"We only add salt and pepper today, so the fishy smell is easy to tell (Kita hanya membumbuinya pakai garam dan lada sekarang, jadi aroma amisnya masih bisa diamati)," kata YouTube FishingAP.

foto: YouTube/FishingAP

Setelah ketiga daging ikan tersebut matang, pemilik akun YouTube FishingAP mengajak anggota keluarganya untuk mencicipi. Semua daging ikan disebut-sebut enak, tetapi daging ikan yang dimarinasi dengan susu untuk menghilangkan bau amisnya mendapat vote terbanyak, lho.

Dilansir dari epicurious.com, susu mengandung protein yang dapat mengekstraksi senyawa penyebab bau amis pada daging ikan, makanya usai dimarinasi aroma amisnya bisa hilang. Tidak hanya itu, susu juga terbukti bisa membuat daging ikan jadi lebih cerah dan terasa semakin enak setelah dimasak, lho.

foto: YouTube/FishingAP

Gimana, kamu tertarik mencoba cara menghilangkan bau amis ikan pakai susu atau cara lainnya, nih? Mengintip kolom komentar di unggahan YouTube FishingAP, beberapa warganet juga terlihat antusias, lho. Unggahan ini pun sudah ditonton lebih dari 74 ribu kali.

INFOGRAFIS CARA MARINASI IKAN AGAR TAK BAU AMIS TANPA JERUK NIPIS DAN GARAM
© 2023 brilio.net/Rakha Kharista

"Thank you for the very clear and and up to the point video (Makasih atas penjelasan yang mudah dimengerti dan tepat pada intinya)," kata YouTube @gladysma308.

"I appreciate your experience and the results! Will go with milk (Saya menghargai pengalaman dan hasilnya! Ingin coba cara yang menggunakan susu)," ungkap YouTube @tnt3171.

"If you have small seafood you can wash it in potato starch and salt (Kalau kamu punya seafood yang ukurannya kecil-kecil bisa dicuci pakai tepung kentang dan garam)," jelas YouTube @lorde5878.