Brilio.net - Tak hanya ayam serta daging merah, ikan juga dikenal sebagai pilihan sumber protein yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari doh.wa.gov, selain protein, ikan juga memiliki asam lemak omega-3, vitamin D, vitamin B2, serta aneka jenis mineral. Usut punya usut, American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi daging ikan setidaknya dua kali seminggu untuk mendukung gaya hidup sehat.

Di samping itu, daging ikan juga cocok dikreasikan jadi beragam variasi hidangan, lho. Misalnya, digoreng, dibakar, ditumis, dibikin sup, dan lain sebagainya. Apalagi jika hidangan ikan ini dikombinasi dengan sayuran dan sumber karbohidrat, pasti semakin lezat dan menyehatkan.

Buat yang gemar masak ikan di rumah, pastinya sering mendapati stok daging ikan masih sedikit berbau amis meskipun sudah dimasak. Dilansir dari fultonfishmarket.com, aroma amis khas daging ikan ini dikenal sebagai proses alami yang sering disebut karboksilasi. Bagi sejumlah orang, aroma ini tak jadi masalah. Tetapi, ada pula segelintir orang yang tak menyukainya.

Nah, buat yang nggak suka dan ingin menghilangkan baunya, kamu bisa mempraktikkan sejumlah cara. Kebanyakan yang diketahui, cara menghilangkan bau amis ikan yakni memarinasinya pakai jeruk nipis ataupun garam. Di sisi lain, ada satu cara lagi yang nggak kalah ampuh, lho. Cara ini dibagikan oleh warganet di akun YouTube FishingAP.

Ia mencoba eksperimen tiga jenis cara untuk menghilangkan bau amis ikan. Jenis ikan yang dipakai pun menyesuaikan selera. Namun, kali ini pemilik akun YouTube FishingAP menggunakan daging ikan fillet yang dijual frozen (beku) di pasaran, sehingga aroma amisnya pasti jauh lebih kuat ketimbang daging ikan segar.

"These methods work for fresh fish as well (Metode ini juga bisa dipakai untuk ikan segar)," imbuhnya, dikutip BrilioFood dari YouTube/FishingAP pada Jumat (16/6).