Trik bikin ujung karpet melengkung jadi lurus pakai 1 bahan dapur.

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @zelinenaila pada Rabu (22/5), pengguna Instagram tersebut mengaku hanya mengandalkan es batu. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan beberapa balok es batu berukuran kecil. Namun selain es batu, dia juga menyiapkan gelas kaca untuk meluruskan ujung karpet melengkung.

Caranya pun cukup mudah. Pertama-tama, letakkan 5 balok es batu berukuran kecil di ujung karpet. Lalu timpa sisi paling ujung karpet yang melengkung dengan gelas kaca tadi. Jika sudah, diamkan sampai es batu mencair dengan sendirinya dan meresap ke dalam karpet.

foto: Instagram/@zelinenaila

Sesaat setelah es batunya mencair, ujung karpet akan kembali lurus dan tidak melengkung lagi meskipun gelas kacanya diambil. Hal ini memang bisa terjadi karena suhu dingin dari es membantu merilekskan serat-serat karpet, membuatnya lebih mudah dibentuk kembali ke posisi semula. Selain itu, setelah es batu meleleh dan karpet menjadi lembap serta dingin, berat alami karpet dan gravitasi akan membantu menarik serat-serat kembali ke posisi lurus. Proses ini akan semakin maksimal karena ujung karpet ditimpa dengan gelas kaca sebelumnya.

foto: Instagram/@zelinenaila

Telah ditonton lebih dari 24 ribu kali, video yang diunggah pada 3 Mei ini sontak menuai perhatian warganet. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang turut membanjiri kolom komentar dengan berbagai tanggapan. Sebagian besar mereka mengaku trik tersebut sangat mudah dan bermanfaat untuk ditiru.

"Tips receh tapi berguna bgt soalnya sakit mata kalo liat karpet terlipat kek gtu kan kak," ujar Instagram @rara.humaairaa.

"Sepele tapi bikin bt ya Ceu Nice tips inih ceu," papar Instagram @siti.nuryanti.

"Wah makasih tipsnya MBK ak abis di laundry pasti gtu," tulis akun Instagram @ayudiahsetiowati.

"Ajaib yaaa.... mau coba jg ah tips ini makasi ya mbaa bermanfaat sekali," sahut Instagram @sharajevoo.

"Biasanya ditindih ama barang yg berat eh tp pake es batu bisa yaa," komentar akun Instagram @aajhouse.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by p r i m a p r i m a (@zelinenaila)

 


Tips menghilangkan bau apek di karpet pakai bahan dapur.

Menghilangkan bau apek di karpet bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan dapur yang mudah ditemukan. Berikut adalah sembilan tips untuk menghilangkan bau apek di karpet menggunakan bahan dapur.

1. Baking soda.

Taburkan baking soda secara merata di atas karpet, biarkan selama beberapa jam atau semalam untuk menyerap bau, lalu vakum karpet untuk mengangkat baking soda dan bau apek.

2. Cuka putih.

Campurkan cuka putih dengan air dalam perbandingan 1:1, semprotkan larutan ini ke karpet, biarkan hingga kering, lalu vakum untuk menghilangkan sisa bau.

3. Lemon.

Campurkan jus lemon dengan air dan semprotkan pada karpet. Lemon memiliki aroma segar dan asam yang dapat membantu menghilangkan bau apek. Biarkan hingga kering sebelum vakum.

4. Garam.

Taburkan garam secara merata di atas karpet, biarkan selama beberapa jam, lalu vakum karpet. Garam membantu menyerap kelembapan dan bau tidak sedap.

5. Minyak esensial.

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial (seperti lavender atau eucalyptus) ke dalam air dan semprotkan ke karpet. Minyak esensial memberikan aroma segar dan membantu menutupi bau apek.

6. Teh hijau.

Taburkan daun teh hijau kering di atas karpet, biarkan beberapa jam untuk menyerap bau, lalu vakum karpet. Teh hijau memiliki sifat penyerap bau yang baik.

7. Kopi bubuk.

Taburkan kopi bubuk kering di atas karpet, biarkan beberapa jam untuk menyerap bau, lalu vakum karpet. Kopi bubuk dapat membantu menghilangkan bau apek dan memberikan aroma segar.

8. Kulit jeruk.

Letakkan kulit jeruk di beberapa area karpet dan biarkan semalaman. Kulit jeruk membantu menyerap bau apek dan memberikan aroma segar alami.

9. Bubuk kayu manis.

Taburkan bubuk kayu manis di atas karpet, biarkan beberapa jam, lalu vakum karpet. Kayu manis memiliki aroma kuat yang dapat menutupi bau apek.

Dengan menggunakan bahan-bahan dapur yang mudah ditemukan ini, kamu bisa menghilangkan bau apek di karpet secara efektif dan alami. Selalu pastikan untuk melakukan uji coba pada area kecil karpet terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi negatif terhadap bahan yang digunakan.