Brilio.net - Bakwan sayur selalu menjadi camilan favorit yang menggugah selera. Kombinasi sayuran segar yang dipotong tipis dan adonan tepung yang gurih menciptakan harmoni rasa yang sempurna di setiap gigitannya. Tidak heran jika bakwan sayur sering kali menjadi pilihan utama untuk berbagai acara, dari arisan hingga santai sore bersama keluarga.

Namun, tantangan utama dalam membuat bakwan sayur adalah menjaga kerenyahannya, terutama setelah dingin. Banyak yang merasa kecewa ketika bakwan sayur yang baru saja digoreng dengan sempurna, berubah menjadi lembek beberapa saat kemudian. Hal ini sering kali disebabkan oleh kelembapan dari sayuran dan teknik penggorengan yang kurang tepat.

Selain itu, adonan tepung yang digunakan juga sangat berpengaruh. Dalam beberapa kasus, sejumlah orang bahkan sampai menambahkan minyak goreng atau margarin ke dalam adonan agar lebih renyah. Selain itu, ada juga yang menggunakan baking soda saat meracik adonan bakwan sayur.

Selain dengan bahan-bahan tersebut, kamu bisa menggunakan bahan lain seperti yang dilakukan pengguna Instagram @melizah21. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menambahkan satu bahan sederhana. Dilansir BrilioFood dari Instagram @melizah21 pada Rabu (2/10), bahan yang dimaksud adalah kapur sirih.

trik agar bakwan sayur lebih renyah lama
Instagram/@melizah21

Jadi sebelumnya, siapkan sayur dan adonan bakwan. Pastikan sayur dalam kondisi kering, lalu iris-iris dengan bentuk kecil. Barulah kemudian masukkan ke dalam wadah. Jika sudah, campur dengan semua adonan tepung dan aneka bumbu. Lalu larutkan dan aduk-aduk sampai rata.

trik agar bakwan sayur lebih renyah lama
Instagram/@melizah21

Selanjutnya, campur kapur sirih dengan air, lalu larutkan. Nah, ambil 1 sdm air kapur sirih tadi, kemudian tuang ke dalam adonan bakwan sayur. Pastikan kamu tidak menambahkan kapur sirih dalam jumlah banyak karena bisa membuat rasa bakwan jadi pahit. Setelah itu, aduk kembali sampai semua bahan tercampur merata.

trik agar bakwan sayur lebih renyah lama
Instagram/@melizah21

adonan bakwan sayur yang sudah jadi ini bisa langsung digoreng. Pastikan kamu menggorengnya di minyak yang panas dan banyak. Lalu jangan menggorengnya sekaligus dalam jumlah banyak karena nantinya, bakwan bisa lembek. Goreng secukupnya sampai benar-benar garing dan matang.

Telah ditonton lebih dri 78 ribu kali, video tentang trik bikin bakwan sayur ini sontak menarik perhatian warganet. Banyak pengguna Instagram lain yang kemudian memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar bahkann mengaku hendak mencobanya secara langsung.

"Kpan2 cobain ah," papar Instagram @rumahummuayri.

"Cobain ah... mumpung masih ada kapur sirihnya," kata Instagram @ummazha2.

"Aku kalo bikin peyek pakai kapur sirih, dijamin garing," sahut Instagram @ni.ghinaa.

"Blm pernh coba mb...biasany cmn pakai tepung beras maksih tipsny mb," tulis akun Instagram @sina_afan.

"Aku juga sering pake air kapur sirih mba buat gorengan," komentar akun Instagram @sharajevoo.