Brilio.net - Bagi sebagian orang, aktivitas memasak adalah kegiatan yang asyik dan menyenangkan. Pasalnya pada saat memasak, seseorang bisa menjadi lebih kreatif, mulai dari menentukan resep hingga mengolah makanan. Misalnya mengombinasikan bumbu tertentu supaya rasa pada masakan jadi pas dan lezat sesuai selera. Perasaan bahagia pun juga bisa muncul saat makanan yang dibuat sudah jadi.

Namun ada kalanya pikiran kurang fokus saat memasak, sehingga salah memasukkan takaran bumbu ke masakan. Misalnya, takaran awal harusnya memasukkan bumbu setengah sendok, malah terlanjur jadi 2 sendok. Kalau sudah begini bisa-bisa jadi bikin panik.

Tak sedikit orang sering salah menakar jenis bumbu seperti garam. Walhasil masakan pun jadi keasianan dan nggak sedap. Ketika masakan keasinan, biasanya orang-orang memilih menambahkan gula dan air, sehingga rasa asinnya dapat berkurang. Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan potongan kentang. Dilansir dari eatwell101.com, kentang mengandung pati yang bisa menyerap kadar garam pada masakan.

Namun, berbeda dengan warganet pengguna Instagram @lie_denielcandra, ia punya bahan lain yang dianggap lebih ampuh untuk mengatasi masakan yang keasinan jadi sedap kembali. Pada videonya, warganet tersebut ingin mengurangi rasa asin pada masakan berkuah bersantan. Nah, bahan yang dimaksud adalah timun yang sudah dipotong-potong. Tak hanya menambah cita rasa segar pada masakan, timun juga dipercaya bisa menetralisir rasa asin. Penasaran gimana caranya?

foto: Instagram/@lie_denielcandra

Nggak perlu dikupas, pertama potong-potong timun dengan ukuran sedang. Kemudian masukkan ke dalam sayur yang sedang kamu buat. Masak sambil terus diaduk selama beberapa menit.
foto: Instagram/@lie_denielcandra

Lalu koreksi rasa dan timun pun bisa disisihkan jika sudah berhasil mengatasi keasinan pada masakan.

"Masakan bunda keasinan jangan tambahkan gula, tambahkan potongan timun maka masakan bunda akan lezat kembali dan tidak keasinan," ujarnya dilansir BrilioFood dari Instagram @lie_denielcandra, Jumat (14/6).

foto: Instagram/@lie_denielcandra

Gampang banget kan caranya? Video yang diunggah @lie_denielcandra pada 30 Mei 2024 lalu disukai lebih dari 827 orang. Di sisi lain beberapa warganet juga memberikan cara lain untuk mengatasi masakan keasinan.

"Kentang, timun , labu Siam juga bisa," komentar akun @rusfandi_dan_wiwin_

"Klo aku lbh suka pke kentang untuk mengurangi rasa asin kentang jg gk membawa bau seoerti timun," tulis akun @soitun1

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LieliaDC (@lie_denielcandra)