Brilio.net - Sandal berbahan karet dikenal dengan kenyamanan dan daya tahan yang tinggi. Hal ini membuat sandal karet selalu digunakan dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Namun seiring penggunaan, sandal karet bisa jadi kusam, lusuh, dan buluk karena terkena kotoran atau debu terus menerus.

Padahal sandal karet yang buluk tentu bisa mengurangi estetika penampilannya dan cenderung kurang nyaman dipakai. Oleh sebab itu, banyak orang menelantarkan sandal yang sudah buluk seperti ini. Bahkan dalam beberapa kasus, tidak sedikit yang kemudian membuang sandal tersebut dan membeli baru.

Padahal tahu, nggak, sih? Sandal karet yang buluk tetap bisa diubah jadi baru lagi jika dicuci dengan maksimal. Sejumlah orang bahkan menggunakan pemutih untuk menghilangkan noda membandel di sandal karet.

Namun alih-alih menggunakan pemutih yang bisa merusak permukaan sandal, kamu bisa menggunakan bahan lain yang lebih aman. Seorang pengguna TikTok @hildaaenii pernah menjelaskan lebih lanjut tentang bahan pembersih tersebut. Namun sebelum menggunakan bahan-bahan ini, pengguna TikTok @hildaaenii kerap mengeluh saat hendak mencuci sandal yang terbuat dari karet. Pasalnya, meskipun digosok dengan ekstra, namun noda membandel di sandal tidak bisa hilang 100%.

"Kotoran di sendal karet itu lebih membandel daripada sendal biasa.. bisa susahhh banget bersihinnya. harus pakai tenaga kuda kalau gosok," papar TikTok @hildaaenii.

foto: TikTok/@hildaaenii

Dilansir BrilioFood dari TikTok @hildaaenii pada Rabu (17/7), bahan pembersih yang digunakan adalah detergen. Selain itu, ada bahan dapur lain yang juga diandalkan untuk mencuci sandal karet buluk, yakni sabun cuci piring.

Cara pakai sejumlah bahan pembersih ini sebenarnya cukup mudah. Pertama-tama, siapkan ember dan tuang air mendidih ke dalamnya. Jika sudah, masukkan sabun cuci piring dan detergen secukupnya. Aduk-aduk sampai semua bahan larut dan tercampur rata.

foto: TikTok/@hildaaenii

Selanjutnya, celupkan sandal ke dalam ember tersebut. Jika perlu, gunakan bantuan alat untuk menyiram bahan pembersihnya hingga seluruh bagian sandal benar-benar basah. Barulah kemudian gosok-gosok sandal menggunakan sikat.

foto: TikTok/@hildaaenii

Sembari disikat, jangan lupa celupkan lagi sandalnya ke ember agar kotorannya semakin luruh. Lalu lakukan proses ini sampai seluruh bagian sandal benar-benar kinclong. Terakhir, bilas sandal sampai bersih dan keringkan. Dengan begitu, sandal jadi lebih kinclong. Bahkan warnanya kembali cerah seperti baru.

"jadi kaya baru lagi deh super happy, mau coba dirumah?" kata TikTok @hildaaenii.

foto: TikTok/@hildaaenii

Unggahan tentang trik cuci sandal karet ini telah ditonton lebih dari 13 ribu kali. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna TikTok lain yang tertarik. Bahkan ada juga yang memberikan saran lain saat mencui sandal karet buluk

"gausah air mendidih, air biasa juga bisa kok pake sabun colek," sahut TikTok @meng_item.