Brilio.net - Membuat kue memang bisa jadi kegiatan menyenangkan bagi beberapa orang. Namun hal ini kerap berbanding terbalik ketika menghadapi banyak cucian piring yang menumpuk. Bagaimana tidak, proses membuat kue biasanya membutuhkan banyak alat, sehingga saat selesai, alat-alat ini jadi kotor dan sulit dibersihkan karena terkena noda lemak seperti krim mentega.

Nah, krim mentega yang menempel di permukaan alat dapur biasanya sulit dibersihkan karena akan meninggalkan residu. Residu lemak cenderung membuat alat dapur jadi licin, terlebih jika terbuat dari plastik. Butuh sikat dan sabun khusus untuk menghilangkan noda krim mentega di wadah plastik agar benar-benar bersih.

Namun alih-alih menggunakan sikat dan bahan pembersih khusus, kamu bisa meniru trik yang dibagikan pengguna Instagram @rumah_shahia dalam menghilangkan noda krim mentega di wadah plastik. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan dua bahan dapur untuk mencuci alat makan yang penuh krim mentega.

Cara mudah bersihkan noda krim mentega di wadah plastik.

Dilansir BrilioFood pada Selasa (11/6), bahan dapur yang digunakan adalah garam dan sabun cuci piring. Sedangkan alat yang dipakai untuk menghilangkan noda krim mentega adalah tisu. Yup! Dia tidak menggunakan sikat untuk mencuci wadah plastik yang penuh noda tersebut. Tisu dinilai lebih efektif menyerap lemak tanpa meninggalkan residu.

foto: Instagram/@rumah_shahia

Cara pakai sejumlah bahan dan alat ini pun cukup mudah. Pertama-tama, tuang garam secukupnya ke dalam wadah. Lalu tuang sabun cuci piring secukupnya. Jika sudah, masukkan selembar tisu dan tuang air panas (bukan mendidih).

foto: Instagram/@rumah_shahia

Selanjutnya, tutup wadah. Lalu kocok beberapa kali. Lakukan proses ioni di atas wastafel agar air yang keluar dari wadah bisa tidak tumpah ke bagian lagi. Jika sudah dikocok, buka wadah dan buang tisu beserta sisa kotoran di dalamnya.

foto: Instagram/@rumah_shahia

Pada dasarnya, wadah yang sudah dicuci dengan cara ini akan langsung bersih dan kesat. Kamu bisa langsung membilas wadah agar sisa sabunnya luntur. Setelah itu keringkan dengan tisu agar permukaannya semakin kesat dan tak meninggalkan bau.

foto: Instagram/@rumah_shahia

Sejak diunggah pada 23 Mei lalu, video tentang trik hilangkan krim mentega di wadah plastik ini telah ditonton lebih dari 214 ribu kali. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan secara langsung melalui kolom komentar. Sebagian besar mereka mengaku hendak mencoba langsung trik tersebut.

"Makasih tips nya mba," kata Instagram @heldadrastisia.

"Worth it aku udah cobaaa," tulis akun Instagram @arshasyahome.

"Bermanfaat bgt buat aku bakul kue. Makasih mbaa," komentar akun Instagram @laelaeugenia.

"Euleuh baru tahu. Harus praktek biasanya pake air panas doang," papar Instagram @ayu_said_family.

"klau saya cukup dilap bersih dulu pakai tisu lemak2, minyak atau mentega sebelum dicuci jd sampah mentega dll nya bisa lsg buang ke tong sampah," sahut Instagram @lincepardede18.