Yang wajib disiapkan adalah baskom untuk merendam handuk. Isi baskom tersebut dengan air panas. Pemilik akun YouTube Nurul Alif Family menggunakan air panas yang baru saja mendidih. Lalu, masukkan sitrun dan sabun cuci piring secukupnya.

Yup, sabun cuci piring inilah bahan dapur inti yang wajib ditambahkan untuk mempraktikkan trik cuci handuk kusam ini.

foto: YouTube/Nurul Alif Family

Setelah racikan pembersih siap, langsung rendam handuk kusam ke dalamnya. Biarkan handuk terendam selama beberapa saat. Nantinya, air rendaman akan berubah jadi keruh lantaran berhasil melunturkan noda yang sebelumnya menempel pada handuk.

"Kita diamkan sekitar 10 sampai 15 menit. Atau kalau handuknya betul-betul terlalu kusam bisa kita rendam semalaman," tutur pemilik akun YouTube Nurul Alif Family, dikutip BrilioFood pada Kamis (2/5).

foto: YouTube/Nurul Alif Family

Usai direndam, handuk bisa dikucek ataupun disikat untuk menghilangkan sisa kotoran yang masih membandel. Terakhir, bilas handuk sampai tak ada lagi sisa sabun, baru peras dan jemur hingga kering.

foto: YouTube/Nurul Alif Family

Wah, meski tanpa detergen, handuk kusam tetap bisa dibersihkan agar cerah lagi, ya? Mengintip unggahan YouTube Nurul Alif Family, selain mendapat sejumlah komentar antusias dari warganet lain, video ini juga sudah ditonton lebih dari 13 ribu kali.

"Bisa untuk handuk warna merah atau biru?" tanya YouTube @IsyeMassage dan mendapat respons dari pemilik video.

"Bisa, warna apapun bisa. Karena ini tdk memudarkan warna, beda dengan bayclin, " sebutnya. 

 

Cara melembutkan handuk tanpa pelembut pakaian.

Ada beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk melembutkan handuk tanpa menggunakan pelembut pakaian kimia. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Cuka putih.

Tambahkan setengah sampai satu cangkir cuka putih ke dalam siklus bilas terakhir saat mencuci handuk kamu. Ini akan membantu melunakkan serat dan juga menghilangkan bau yang tidak diinginkan.

2. Baking soda.

Taburkan sedikit baking soda ke dalam mesin cuci sebelum kamu memulai siklus mencuci. Ini akan membantu melembutkan handuk dan juga menghilangkan bau.

3. Air panas.

Jika handuk kamu tidak terlalu kotor, pertimbangkan untuk merendamnya dalam air panas selama beberapa jam sebelum mencucinya. Ini bisa membantu melonggarkan serat dan melembutkan handuk secara alami.

4. Keringkan dengan bola wool.

Saat mengeringkan handuk kamu di mesin pengering, tambahkan beberapa bola wool ke dalamnya. Bola wool akan membantu memisahkan serat dan mengurangi kekakuan, sehingga handuk menjadi lebih lembut.

5. Jemur dengan angin.

Jika memungkinkan, jemurlah handuk kamu di luar ruangan untuk mengeringkannya. Angin dan sinar matahari alami bisa membantu melembutkan dan menyegarkan handuk secara alami.

6. Hindari over-drying.

Jangan mengeringkan handuk kamu terlalu kering di mesin pengering. Biarkan sedikit kelembaban tersisa, karena ini bisa membantu menjaga kelembutan serat.