Brilio.net - Rayap termasuk jenis serangga yang sering datang ke rumah. Meskipun bentuknya kecil, rayap biasanya datang bergerombol untuk memakan furnitur berbahan kayu. Tak jarang, rayap juga menggerogoti pondasi rumah yang terbuat dari kayu.

Kalau didiamkan begitu saja, furnitur bahkan pondasi rumah bisa rusak. Nah, ketimbang rumah rusak karena karena rayap, sejumlah orang sengaja mencari cara untuk mengusir serangga tersebut. Salah satu caranya dengan menyemprot sarang rayap menggunakan larutan sabun cuci piring.

Cara membuatnya terbilang mudah, tinggal larutkan sabun cuci piring ke dalam botol spray berisi air. Kalau sudah, kocok-kocok lalu tinggal diaplikasikan. Dalam waktu singkat, gerombolan rayap seketika mati.

Tapi nggak melulu pakai larutan sabun cuci piring, ternyata ada cara lain yang bisa dipraktikkan untuk mengusir populasi rayap di rumah. Caranya sempat dilakukan oleh pengguna YouTube Seputar Rumah Kayu. Di awal video, ia menunjukkan penampakan lemari kayunya yang digerogoti segerombolan rayap.

"Iya ini bekas-bekas rayapnya seperti ini, kita harus nemuin sarangnya. Biasanya nggak jauh dari bekas-bekas gerogotan kayunya," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Seputar Rumah Kayu pada Rabu (29/5).

foto: YouTube/Seputar Rumah Kayu