Brilio.net - Proses mengganti tabung gas elpiji sering dianggap menakutkan. Bukan tanpa alasan, seringkali tabung gas baru yang ditancapkan selang regulator justru mengeluarkan suara mendesis. Suara mendesis tersebut menandakan kalau tabung gas mengalami kebocoran.

Salah satu penyebab tabung gas bocor adalah karet seal yang longgar. Gas pun tidak mengalir dengan sempurna ke selang regulator. Nah, untuk mengatasi longgarnya karet seal ini, sejumlah orang sengaja menambal ruang atau sela yang kosong tersebut pakai potongan karet ban bekas.

Setelah ditekan perlahan, potongan ban bekas bisa menempel dan menutupi ruang kosong pada karet seal. Hasilnya, gas bisa mengalir sempurna ke selang regulator.

Tapi nggak melulu pakai potongan karet ban bekas, ternyata ada bahan lain yang juga bisa dipakai untuk mengatasi kebocoran gas. Begitu pula yang dicoba oleh pengguna Facebook Garuda MAS. Di awal video, ia menunjukkan kondisi tabung gasnya yang mengeluarkan suara mendesis.

"Ini ditekan regulator kedenger suara mendesisnya, ya," ujarnya dikutip BrilioFood dari Facebook Garuda MAS pada Jumat (24/5).

foto: Facebook/Garuda MAS