Brilio.net - Wajan dipakai untuk memasak dengan berbagai metode. Mulai dari menumis hingga menggoreng. Bentuknya yang cekung membuat minyak atau bahan makanan di dalam wajan tidak mudah tumpah dan panas apinya lebih merata, sehingga makanan pun cepat matang.

Namun dalam beberapa kasus, wajan yang sudah lama digunakan bisa rusak atau bermasalah. Misalnya bagian bawah atau pantatnya mulai menghitam. Biasanya pantat wajan yang hitam ini disebabkan oleh tingginya intensitas paparan api kompor, sehingga permukaan tersebut jadi gosong dan berkerak.

Nah, kerak gosong di pantat wajan ini sangat membandel dan sulit dibersihkan. Oleh sebab itu, butuh bahan-bahan khusus jika ingin menghilangkan kerak gosong tersebut. Salah satu bahan yang kerap diandalkan untuk membersihkan kerak gosong adalah sitrun. Bahan satu ini dinilai dapat merontokkan kerak gosong di pantat wajan secara maksimal.

Tapi selain sitrun, ada bahan lain yang nggak kalah ampuh untuk membersihkan kerak gosong di pantat wajan. Nah, bahan ini pernah dijelaskan lebih lanjut oleh pengguna Instagram @ayunratnadewi. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku memiliki wajan yang bagian pantatnya sudah gosong dan berkerak.

"Pasti banyak nih yg di dapur ketemu pantat wajan yg gosong. Jangan langsung ganti ya.. Kita cari solusinya dulu... Aku punya tips biar irit nih. Cara bersihin wajan gosong supaya tampak seperti baru," ujar Instagram @ayunratnadewi.

Lantas, untuk membersihkan wajan tersebut dia hanya mengandalkan bahan sederhana yang ada di dapur. Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @ayunratnadewi pada Senin (20/5), bahan dapur yang dimaksud adalah baking soda dan jeruk nipis. Kedua bahan ini nantinya akan digunakan secara terpisah supaya bisa bekerja maksimal dalam merontokkan kerak gosong di pantat wajan wajan membersihkan wajan.

foto: Instagram/@ayunratnadewi