Salah satu pengguna YouTube dengan channel bernama polyztron pernah membagikan tutorial sederhana dalam membersihkan burner kompor miliknya. Bukan dengan sitrun atau cairan khusus, dia justru memilih bahan dapur sebagai pembersihnya. Dilansir BrilioFood pada Selasa (3/10), bahan dapur yang dipakai adalah cuka makan.

Pertama-tama, siapkan wadah. Lalu tuang air ke dalamnya dan campur dengan beberapa tetes cuka. Jika sudah, kamu bisa langsung memasukkan burner kompor ke dalam larutan cuka tersebut. Pastikan seluruh bagian burner kompor terendam sempurna.

foto: YouTube/polyztron

Jika sudah, diamkan selama minimal 30 menit. Pada dasarnya, cuka memiliki kandungan asam yang tinggi. Kandungan asam inilah yang dapat merontokkan noda hitam sekaligus karat pada burner kompor.

foto: YouTube/polyztron

Setelah direndam cuka, langsung angkat dan gosok burnernya menggunakan sikat. Dalam video tersebut, dia mengaku menggunakan sikat baju. Namun kamu bisa menggunakan jenis sikat lain yang memiliki bulu kasar. Karena dengan begitu, nodanya bisa langsung hilang dalam sekali gosok.

foto: YouTube/polyztron

Sembari digosok, kamu juga bisa mencelupkan burner ke larutan cuka tadi. Lakukan proses ini secara berulang sampai burner benar-benar bersih. Terakhir, bilas di bawah air mengalir dan keringkan burner kompor sebelum siap dipasang kembali.

"Burner pun kembali ke warna aslinya, saat pertama kali kita beli," ujar YouTube polyztron.