Brilio.net - Kaus kaki putih termasuk salah satu atribut wajib pelengkap seragam sekolah. Biasanya kaus kaki putih digunakan setiap hari, sehingga mudah sekali kotor. Warnanya yang putih akan membuat noda semakin terlihat jelas dan bikin kaus kaki jadi tampak dekil atau kusam.

Sayangnya, mencuci kaus kaki dekil dan kusam ini kerap jadi PR tersendiri bagi banyak orang. Bukan tanpa sebab, noda dekil dan kusam akan menempel, sehingga harus disikat atau dikucek dengan kuat. Padahal menyikat kaus kaki terlalu kuat berpotensi membuat kainnya melar.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sejumlah orang biasanya akan merendam kaus kaki agar nodanya hilang. Cairan pemutih juga dapat membuat kaus kaki jadi cerah lagi. Namun tahu nggak sih, penggunaan cairan pemutih secara berulang juga bisa merusak serat kain, lho.

Lantas supaya lebih aman, kamu bisa menerapkan trik mencuci kaus dekil seperti yang dilakukan pengguna Instagram @rumah.kamali. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan bahan-bahan sederhana yang ada di dapur. Dengan bahan dapur tersebut, kaus kaki dekil dan kusam bisa cerah lagi meski tanpa disikat kuat, lho.

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @rumah.kamali pada Jumat (21/6), bahan dapur yang dibutuhkan adalah baking soda, cuka dapur, dan garam. Selain itu, dia juga memanfaatkan sabun cuci piring untuk menghilangkan noda membandel di kaus kaki. Dengan campuran bahan-bahan ini, kaus kaki jadi kinclong lagi.

foto: Instagram/@rumah.kamali

Cara pakainya pun cukup mudah. Siapkan baskom atau ember kecil untuk merendam kaus kaki. Setelah itu, tuang air dan masukkan 1 sdt baking soda, 2 sdt cuka dapur, 1 sdt sabun cuci piring, dan 1 sdt garam dapur. Aduk-aduk semua bahan sampai tercampur rata.

foto: Instagram/@rumah.kamali

Selanjutnya, masukkan kaus kaki dekil dan kusam yang hendak dicuci. Setelah itu, rendam selama kurang lebih 2 jam. Tak perlu khawatir rusak karena bahan yang digunakan cenderung alami dan aman untuk kain.

Jika sudah direndam, angkat dan sikat lembut bagian yang masih kotor. Biasanya noda akan langsung luntur karena kaus kaki sudah direndam sebelumnya. Dengan begitu, kamu tak perlu menyikatnya terlalu kuat. Setelah itu, bilas sampai sabunya hilang dan jemur hingga kering. Kaus kaki ini akan jadi cerah dan putih kembali, deh.

foto: Instagram/@rumah.kamali

Sejak diunggah pada 12 Juni lalu, video tentang cara cuci kaus kaki dekil ini telah ditonton lebih dari 25 ribu kali. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengaku sangat terbantu dengan adanya trik tersebut.

"Wah saya slslu drama ini bukam ..makasih banyak tipsny," sahut Instagram @indrasarimokoginta27.

"mau cobain jg nih kaos kaki bocil tq sharenya," papar Instagram @ichypricilyani.

"Duh iya banget ini, makasih sharingnya yaa bukam," tulis akun Instagram @rumapintubiru.

"Sangat membantu ni suka drama kaos kaki dekil makasih bukam tipsnya," komentar akun Instagram @rumahminiaila.

"paling malesss bwet sm kaos kaki putih tp skrg uda ada solusyennya," kata Instagram @veganugrohouse.