Brilio.net - Daging sapi jadi salah satu protein hewani yang digemari banyak orang. Apalagi daging sapi bisa diolah dengan berbagai cara, seperti ditumis, dimasak kuah, dibakar, hingga dijadikan sate. Nggak heran, kalau akhirnya daging sapi sering dijadikan menu lauk sehari-hari.

Sayangnya, mengolah daging sapi terbilang ribet. Bukan tanpa sebab, tekstur daging sapi akan alot kalau diolah dengan cara yang kurang tepat.

Sebagai solusinya, kamu bisa merendam potongan daging sapi ke dalam larutan baking soda. Dilansir dari thespruce.com, kandungan baking soda dianggap bisa memecah protein pada daging, sehingga teksturnya jadi empuk sempurna.

Tapi nggak melulu pakai baking soda, ternyata ada bahan lain yang bisa digunakan untuk mengempukkan daging sapi. Caranya sempat dipraktikkan oleh pengguna Instagram @ummubalqishaura saat membuat sop daging sapi.

Ada satu bahan yang harus disiapkan untuk mempraktikkan pengempukan daging sapi. Dilansir BrilioFood dari Instagram @ummubalqishaura pada Selasa (11/6), satu bahan yang disiapkan adalah sampah dapur, yakni biji kurma.

Langkah pertama, langsung masukkan potongan daging sapi ke dalam teflon. Lalu tuang air sampai merendam seluruh potongan sapi. Kalau sudah, masukkan dua biji kurma ke dalamnya.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Lalu tutup panci dan masak daging sapi selama 30 menit. Baru direbus 30 menit saja, potongan daging sapi sudah matang sempurna. Hal ini dibuktikan saat potongan sapi bisa disuwir pakai tangan.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Setelah itu, langsung tambahkan berbagai bahan sop ke dalam panci. Tampak dalam unggahan videonya, ia menambahkan potongan wortel, kentang, daun bawang, pala, buncis, bawang putih bubuk, dan garam. Aduk-aduk lalu masak sampai sop sapi jadi.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Kalau sudah matang, sop sapi bisa langsung disajikan ke dalam mangkuk.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Agar lebih enak, jangan lupa tambahkan air perasan jeruk nipis.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Suri Haji Jailani (@ummubalqishaura)