Yang harus disiapkan untuk mempraktikkan trik ini yaitu air panas. Larutkan sitrun dan baking powder secukupnya ke dalam air panas tersebut. Yup, sitrun dan baking powder ini termasuk dua dari tiga bahan inti untuk mempraktikkan trik bersihkan kerak di tungku kompor ini.

foto: YouTube/Dina Kurniawati

Setelah itu, langsung rendam tungku kompor yang berkerak ke dalam larutan tersebut. Biarkan selama beberapa saat sampai airnya tak terlalu panas lagi.

"Aku rendam sekitar 15 sampai 20 menit," tegas pemilik akun YouTube Dina Kurniawati, dikutip BrilioFood pada Kamis (2/5).

Usai direndam, gosok tungku kompor dengan spons atau sabut kawat. Nah, biar proses menggosok lebih maksimal dalam melunturkan noda, kamu juga bisa menambahkan abu gosok secukupnya. Abu gosok inilah bahan inti ketiga untuk mempraktikkan trik ini.

Jika semua noda kerak enyah dari tungku kompor, baru bilas tungkunya sampai benar-benar kinclong.

foto: YouTube/Dina Kurniawati

Gimana, kamu tertarik mencoba trik bersihkan kerak di tungku kompor ini atau punya trik lain? Mengintip unggahan YouTube Dina Kurniawati, selain sudah ditonton lebih dari 1.000 kali, beberapa warganet juga memberikan komentar antusias seputar trik ini, lho.

 

Cara menjaga tungku kompor agar tak mudah berkarat.

Tungku kompor terbuat dari besi, sehingga berisiko berkarat apabila sudah digunakan bertahun-tahun. Berikut cara menjaga agar tungku kompor tak mudah berkarat.

1. Membersihkan secara rutin.

Bersihkan tungku kompor secara teratur setelah penggunaan. Bersihkan sisa-sisa makanan atau cairan yang mungkin menempel pada permukaan. Sisa-sisa ini dapat menyebabkan korosi jika dibiarkan dalam jangka waktu lama.

2. Keringkan dengan baik.

Pastikan tungku kompor kering secara menyeluruh setelah dibersihkan. Kelembapan dapat mempercepat proses karat. Gunakan kain kering atau handuk untuk mengeringkannya.

3. Gunakan pelindung.

Kamu dapat menggunakan pelindung atau penutup khusus untuk melindungi tungku kompor dari kelembapan. Ini dapat membantu mencegah karat dan memperpanjang umur pakainya.

4. Gunakan pelumas.

Oleskan sedikit minyak sayur atau minyak pelumas lainnya pada bagian-bagian yang rentan terhadap karat. Ini membantu membentuk lapisan pelindung dan mencegah korosi.

5. Perhatikan lingkungan penyimpanan.

Pastikan lingkungan penyimpanan tungku kompor tidak terlalu lembap. Simpanlah di tempat yang kering dan bersih, idealnya di dalam ruangan yang tidak terlalu banyak terpapar oleh kelembapan udara.

6. Pemakaian yang tepat.

Hindari membiarkan tungku kompor terkena air secara berlebihan atau terkena cairan yang berpotensi korosif. Gunakan tungku kompor dengan hati-hati dan bersihkan dengan benar setelah penggunaan.