Menyeruput teh dan kopi panas di pagi hari bisa jadi pilihan tepat untuk membantu menghangatkan tubuh. Selain menghangatkan, dua minuman ini kerap dipilih sebagai pelengkap menu sarapan sebelum memulai aktivitas. Rasanya yang nikmat dapat membuat tubuh terasa lebih segar.

Namun di balik rasanya yang enak, mengonsumsi teh dan kopi secara rutin juga bisa memberikan efek lain, lho. Salah satu efeknya adalah munculnya kerak di cangkir yang digunakan. Kerak ini muncul akibat penumpukan sisa-sisa teh dan kopi pada permukaan cangkir.

Kerak teh dan kopi di cangkir ini pada dasarnya bisa menebal jika dibiarkan begitu saja. Namun perlu diketahui juga bahwa kerak di cangkir ini butuh dibersihkan dengan cara khusus. Bukan tanpa sebab, kerak tersebut biasanya sudah menempel dengan cukup kuat dan sulit dibersihkan.

Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda kerak di cangkir. Salah satu caranya merendam cangkir dengan air panas. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sitrun untuk mencuci kerak teh dan kopi di cangkir.

Namun selain dengan bahan-bahan tersebut, ada metode lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan kerak teh dan kopi di cangkir. Metode ini pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @ersyaa melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku hanya mengandalkan bahan-bahan sederhana yang ada di dapur untuk menghilangkan kerak di cangkir dengan mudah tanpa effort.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @ersyaa pada Selasa (16/7), bahan dapur yang dimaksud adalah baking soda dan sabun cuci piring. Kombinasi kedua bahan ini bisa sangat ampuh dalam melunturkan kerak teh dan kopi di cangkir. Bukan tanpa sebab, baking soda (sebagai bahan pembersih utama) mengandung sejumlah bahan aktif yang bisa membantu melunturkan noda membandel.

 

© Instagram/@ersyaa

Cara pakainya, cukup siapkan wadah terlebih dahulu. Lalu campur baking soda dan sabun cuci piring dalam wadah tersebut. Tanpa diberi air lagi, aduk-aduk kedua bahan tersebut sampai benar-benar merata. Tekstur akhir berbentuk pasta yang cukup padat, ya.

© Instagram/@ersyaa

Selanjutnya, oleskan pasta sabun dan baking soda tadi ke bagian dalam cangkir yang berkerak. Jika keraknya tebal, sebaiknya diamkan dulu selama beberapa menit agar meresap sempurna. Barulah kemudian gosok menggunakan spons cuci piring.

Jika sudah digosok, bilas cangkir sampai bersih di bawah air mengalir. Terakhir, cuci cangkir seperti biasa. Dengan begitu cangkir akan kembali kinclong dan kesat. Tanpa perlu effort atau tenaga ekstra, kamu bisa menggunakan cangkir lama dengan tampilan yang baru.

© Instagram/@ersyaa

Seperti yang disebutkan, baking soda mengandung sejumlah bahan aktif yang bisa menghilangkan noda. Melansir dari southernliving.com, baking soda memiliki tekstur sedikit abrasif. Ketika kamu menggosok baking soda pada kerak, partikel-partikelnya bekerja untuk mengikis dan melepaskan endapan yang menempel kuat pada cangkir. Dengan begitu, keraknya bisa luntur dengan mudah.

Di sisi lain, baking soda bersifat basa. Kerak teh dan kopi seringkali mengandung senyawa asam yang dapat dipecah oleh zat basa. Reaksi antara baking soda dan senyawa asam dalam kerak membantu melarutkan dan menghilangkan endapan tersebut.