Brilio.net - Daging ayam sering dijadikan masakan rumahan sehari-hari. Selain rasanya enak, daging ayam disukai karena bisa disulap jadi berbagai hidangan, sehingga nggak cepat bikin bosan. Namun, masih banyak orang bingung bagaimana cara membersihkannya sebelum ayam dimasak, apalagi di kalangan pemula soal dapur.

Usut punya usut, ayam bisa direbus sebentar cukup untuk menghilangkan bakterinya. Teknik ini dikenal pula dengan sebutan blansir. Di sisi lain, ada pula yang memilih mencuci ayam saja sebelum disimpan. Tetapi, mencuci ayam kerap dianggap kurang baik karena bisa menyebabkan penyebaran bakteri di area wastafel.

Nah, pemilik akun TikTok @jenny.mci8 punya trik mencuci ayam agar bakterinya nggak menyebar, lho. Trik ini juga disebut ampuh bikin daging ayam tak cepat menghitam selagi disimpan nantinya.

"Aku sih team dicuci, soalnya kalau beli dari pasar mah tetep aja ada kotoran dari alas dan udara di tukang jual, kan. Kecuali beli dari supplier pabrikan," tutur Jenny, dikutip BrilioFood dari TikTok @jenny.mci8 pada Minggu (7/7).

foto: TikTok/@jenny.mci8

Langkah pertama untuk mempraktikkan trik ini, siangi dulu ayam dari sisa-sisa bulu atau bagian lain yang tak bisa dimakan. Lalu, cuci ayam di bawah air mengalir.

Usap-usap ayam secara perlahan selagi mengalirinya dengan air. Jika sudah bebas dari kotoran, langsung masukkan ayam ke dalam plastik bersih.

foto: TikTok/@jenny.mci8

Usai digunakan, siram wastafel, pisau, serta alat lain yang sebelumnya digunakan untuk membersihkan ayam dengan air panas. Jebolan MasterChef Indonesia season 8 akrab disapa Jenny ini mengatakan, ia biasanya pakai air panas yang benar-benar baru mendidih.

foto: TikTok/@jenny.mci8

Tak hanya dibersihkan dengan air panas, wastafel, pisau, dan alat-alat tersebut juga ia gosok menggunakan sabun cuci piring, sehingga sisa bakteri atau noda dari daging ayam tidak menyebar.

foto: TikTok/@jenny.mci8

Sementara itu, ayam yang sudah dicuci dan dimasukkan ke plastik, lantas Jenny letakkan pula pada wadah atau kotak khusus ayam yang terpisah dengan bahan makanan lain.

Selanjutnya, ayam tersebut bisa disimpan di kulkas. Teknik penyimpanan seperti ini dianggap ampuh bikin ayam lebih awet dan tak cepat menghitam.

"Udah bersih tinggal ambil satu satu deh kalau mau masak," tegasnya.

Mengintip unggahan TikTok @jenny.mci8 yang sudah ditonton 141 ribu kali, banyak warganet meninggalkan komentar mulai dari yang pro sampai kontra dengan trik mencuci ayam ini. Di sisi lain, tak sedikit pula yang membagikan trik masing-masing untuk mengelola ayam sebelum disimpan.

"pernah lihat pnjelasan dr meta klo sebaiknya emng dicuci krna kotor ya (kondisi di indo) yg gk dicuci biasanya di LN emng lbh bagus ada jurnalnya jg. klo di indo lbh baik dicuci. kl misal gk dicuci harus ada kulkas khusus disendiriin sama kulkas yg bahan matang," sebut TikTok @Molls.

"aku tim dicuci kecuali beli disupermarket atau beli sudah terseal dari sananya (prima misal). pernah lupa dr pasar gak dicuci langsung masuk freezer, BAU & ITEM," timpal TikTok @female.

"dipotong sesuai porsi penggunaan kemudian di"blansir" aja, Kak," imbuh TikTok @crownstick .