Brilio.net - Daging kambing sering dijadikan pilihan lauk buat menemani sepiring nasi, lontong, atau ketupat. Daging kambing juga biasanya nggak pernah absen di perayaan hari besar, terutama Idul Adha dan akikah. Daging hewani satu ini dapat dimasak jadi berbagai hidangan lezat, misalnya gulai, sate, tongseng, dan masih banyak lagi.

Namun, sebelum dimasak, biasanya daging kambing harus melewati proses pengempukkan terlebih dahulu. Pasalnya, daging kambing punya serat-serat protein yang cukup alot, sehingga sulit dikunyah dan ditelan. Banyak orang memilih mengempukkan daging kambing dengan teknik perebusan ataupun marinasi nanas.

Tetapi, berbeda dengan warganet di akun YouTube Resep Bu Tati77, ibu-ibu satu ini punya trik lain tanpa direbus ataupun dicampur nanas, melainkan pakai satu jenis daun. Ia pun menjelaskan, kalau pakai trik empukkan daging kambing ini, kamu cuma butuh 30 menit.

Trik empukkan daging kambing cuma dalam 30 menit.

Sebelum mencoba triknya, siapkan dulu semua daging kambing. Pastikan kamu tidak mencucinya ya, karena mencuci daging kambing berisiko membuatnya jadi bau. Kemudian, potong-potong daging kambing sesuai selera.

"Kalau ada yang kotor, lap dengan tisu dapur saja supaya tidak bau prengus," timpal pemilik akun YouTube Resep Bu Tati77, dikutip BrilioFood pada Kamis (13/6).

foto: YouTube/Resep Bu Tati77

Selanjutnya, siapkan mangkuk dan alasi dasarnya dengan beberapa lembar daun pepaya. Yup, daun pepaya inilah bahan dapur utama untuk mempraktikkan trik empukkan daging kambing ini. Letakkan potongan daging kambing di atas daun pepaya tersebut.

Setelah itu, tambahkan lagi daun pepaya di atas daging kambing sampai benar-benar tertutup rapat. Jika sudah, biarkan selama 30 menit. Dilansir dari penelitian terbitan researchgate.net, daun pepaya mengandung enzim yang bisa meresap pada daging dan melembutkan serat-seratnya.

foto: YouTube/Resep Bu Tati77

Usai dibungkus dengan daun pepaya 30 menit, daging kambing pun siap diberi bumbu dan dimasak sesuai selera. Pemilik akun YouTube Resep Bu Tati77 kali ini membuat dagingnya jadi sate, jadi ia langsung menusukkan semua daging kambing pada tusuk sate sebelum dibakar.

foto: YouTube/Resep Bu Tati77