Brilio.net - Botol kaca biasanya digunakan sebagai kemasan minuman, kecap, atau bahkan saus. Setelah isinya habis, banyak orang memanfaatkan kembali botol kaca tersebut untuk wadah cairan lain. Oleh sebab itu, label stiker yang menempel akan dibersihkan agar tampilannya lebih cantik.

Namun menghilangkan stiker di botol kaca bukan pekerjaan yang mudah, lho. Jika langsung ditarik, akan ada sisa lem yang menempel dan semakin sulit dibersihkan. Oleh sebab itu, sejumlah orang biasanya akan mengoleskan minyak ke bagian stiker agar lebih mudah digosok.

Tapi tahu nggak sih? Sebenarnya ada metode lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stiker di botol kaca dengan lebih mudah. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna Facebook bernama Fitri Rahmawati. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menerapkan satu metode untuk membuat stikernya mudah dikelupas dengan cepat tanpa menyisakan lem.

Langkah mudah hilangkan stiker di botol kaca.

Dilansir BrilioFood pada Senin (17/6), metode yang dilakukan adalah dengan merendam botol kaca terlebih dahulu. Nah, proses perendaman ini penting dilakukan supaya stiker yang menempel bisa lunak. Dengan begitu, stiker di botol kaca akan mudah dibersihkan nantinya.

foto: Facebook/Fitri Rahmawati

Untuk caranya lebih jelas, siapkan ember atau wadah yang akan dipakai untuk merendam botol. Setelah itu, tuang sedikit sabun cuci piring dan air panas cukup banyak. Jika sudah, masukkan botol kaca ke dalamnya. Pastikan permukaan stiker bisa terendam sempurna, ya.

foto: Facebook/Fitri Rahmawati

Lantas untuk hasil maksimal, sebaiknya rendam botol kaca ini selama 30 menit. Jika stikernya cukup tebal, kamu bisa merendamnya dengan durasi lebih lama. Hal ini bertujuan membuat stiker dan lemnya melunak.

Jika sudah direndam, angkat botol kaca. Lalu gosok stiker di permukaan botol kaca menggunakan sabut kawat. Gosok terus sampai seluruh permukaan stikernya benar-benar mengelupas. Sembari digosok, bilas botol sesekali. Dengan begitu, sisa lem yang menempel juga akan ikut rontok.

foto: Facebook/Fitri Rahmawati

Selain direndam dengan air panas dan sabun, stiker di botol kaca juga bisa dihilangkan dengan cara lain, lho. Salah satu cara yang paling mudah ditiru adalah dengan mengandalkan uap panas. Kamu bisa menggunakan hairdryer atau setrika uap yang ada di rumah.

foto: Facebook/Fitri Rahmawati

Caranya, cukup arahkan hairdryer atau setrika ini langsung ke stiker di permukaan botol kaca. Setelah itu, diamkan selama 1-2 menit agar stiker jadi lunak dan perekatnya mulai meleleh. Jika sudah, segera kelupas stiker secara manual menggunakan tangan atau alat pengikis. Pastikan lakukan proses ini secara cepat karena saat dingin, perekat atau lemnya bisa mengeras kembali.

Unggahan tentang trik hilangkan stiker botol kaca ini telah ditonton lebih dari 17 ribu kali. Siapa sangka, banyak pengguna Facebook lain yang turut memberikan tanggapan secara langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet mengungkapkan terima kasih karena telah mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"Terimaksih siap coba," ujar Facebook Kang Hari.

"Mudah ngelupas ya bun," papar Facebook Raffi Mamah Sisil Denise.

"Aku punya banyak botol mau di coba," tulis Facebook Daily Hari anku.