Brilio.net - Glaze biasanya terbuat dari campuran gula, air, dan bahan tambahan lain seperti madu, sirup, susu, atau jus buah. Bahan makanan ini berfungsi untuk memberikan tampilan yang menarik, menambah rasa, dan terkadang juga berfungsi sebagai lapisan pelindung aneka hidangan, khususnya kue, pastry, atau makanan manis lain.

Setelah digunakan, sisa glaze harus disimpan dengan baik agar bisa digunakan lagi. Namun sebagian besar orang biasanya akan meletakkan glaze dalam kulkas atau bahkan freezer. Meski lebih awet, namun glaze yang disimpan di kulkas bisa menggumpal dan bergerindil, lho. Glaze yang menggumpal dan bergerindil dapat menjadi mimpi buruk bagi para koki dan penggemar kuliner.

Pasalnya, tekstur yang tidak merata ini tidak hanya mengurangi daya tarik visual hidangan, tetapi juga dapat mempengaruhi rasa dan pengalaman makan secara keseluruhan. Gerindil pada glaze juga dapat muncul akibat kristalisasi gula atau pembekuan lemak yang tidak merata. Selain karena penyimpanan yang kurang tepat, glaze juga bisa menggumpal karena dibuat dengan teknik sembarangan.

Adanya pencampuran bahan yang tidak sempurna atau perubahan suhu yang terlalu drastis bisa merusak adonan glaze. Gumpalan kecil dapat terbentuk ketika tepung atau pati tidak tercampur rata dengan cairan, atau ketika glaze dipanaskan terlalu cepat tanpa pengadukan yang konstan, sehingga glaze tidak halus dan terasa kasar di lidah.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya glaze akan dipanaskan kembali di atas api kompor. Namun alih-alih dimasak ulang, seorang pengguna Instagram @resep.papa mengaku punya trik lain yang lebih ampuh dalam mengatasi glaze menggumpal dan bergerindil. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menambahkan 1 bahan dapur untuk membuat glaze kembali tercampur merata.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @resep.papa pada Senin (22/7), bahan tambahan yang digunakan adalah minyak goreng. Nah, minyak goreng ini dinilai dapat membuat glaze tercampur merata dan lebih lembut. Dengan begitu, glaze jadi lebih mudah digunakan.

foto: Instagram/@resep.papa

Cara pakainya, keluarkan glaze dari kemasannya terlebih dahulu. Lalu masukkan ke dalam wadah mixer. Alternatif lain jika tidak ada mixer di rumah, kamu bisa menggunakan blender atau chopper.

foto: Instagram/@resep.papa

Selanjutnya, tuang minyak goreng yang masih baru. Untuk 1 kg glaze, kamu bisa menambahkan 100-150 ml minyak goreng. Sesuaikan dengan tekstur glaze yang diinginkan, ya.

foto: Instagram/@resep.papa

Jika sudah dicampur minyak goreng, langsung mixer atau blender sampai benar-benar halus. Mixer selama beberapa menit agar gumpalannya melebur. Lantas glaze yang sudah tercampur rata dengan minyak akan lebih lembut, halus, dan creamy.

"Jadi dengan cara seperti ini, yang awalnya glazenya kurang bagus teksturnya, keras, bergerindil, kemudian mengendap antara lapisan minyak dan glazenya. Dengan cara ini, bisa glaze nya kembali cantik dan bisa dipakai untuk topping," papar Instagram @resep.papa.

Telah ditonton lebih dari 15 ribu kali, video milik pengguna Instagram/@resep.papa ini sontak menuai perhatian warganet. Banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Salah satu warganet bahkan mengaku pernah berhasil menerapkan trik serupa.

"Terimakasih @res ep.papa kmren2 blm tau cara ini..glaze yg beku aku buang," papar Instagram @arsyila858.

"Samaaa saya juga gitu.kadang juga tak blender," sahut Instagram @ningriesya.

"Terimakasih Pak infonya," komentar akun Instagram @meytaanni.

"Pa itu bs dilakukan berulang2 tdk? setiap bergerindil dikocok lg," tanya akun Instagram @haniwati56.

"Bantu jawab. Bisa kak," jawab pengguna Instagram @ikhaoctaryn.