Brilio.net - Lumpia adalah salah satu jajanan tradisional yang populer di Indonesia. Dibuat menggunakan kulit yang renyah dan isian beragam, mulai dari sayuran hingga daging, lumpia menjadi camilan yang digemari banyak orang. Baik sebagai hidangan pembuka, camilan, atau bagian dari menu utama, lumpia selalu menjadi pilihan yang menggugah selera.

Namun, di balik kelezatannya, lumpia goreng memiliki efek samping pada kesehatan. Salah satunya adalah tingginya kalori pada lumpia goreng. Proses penggorengan membuat lumpia memiliki tekstur garing dan gurih, tetapi juga menyebabkan peningkatan signifikan pada kandungan kalorinya.

Minyak yang digunakan untuk menggoreng lumpia akan meresap ke dalam kulitnya, menambah lemak dan kalori yang dikonsumsi. Akibatnya, meskipun terlihat kecil dan ringan, beberapa potong lumpia goreng dapat menyumbang jumlah kalori yang cukup besar, terutama jika dimakan dalam porsi yang banyak. Hal ini menjadi perhatian bagi orang yang mencoba menjaga pola makan sehat atau mengontrol asupan kalori.

Sebagai alternatif, sebagian orang biasanya akan menggoreng lumpia dalam airfryer. Hal ini dinilai bisa membuat tekstur lumpia jadi renyah dan matang sempurna.

Namun jika tidak ada airfryer di rumah, kamu bisa menggunakan trik yang dibagikan pengguna Instagram @sakinahsil saat membuat lumpia. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku memiliki trik-trik tertentu untuk membuat lumpia agar matang sempurna dan tetap renyah meski tidak digoreng dalam minyak banyak. Hal ini membuat lumpia tersebut cocok disantap sebagai camilan diet rendah kalori.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @sakinahsil pada Kamis (15/8), siapkan bahan makanan berprotein sebagai isian utamanya. Dalam video tersebut, pengguna Instagram @sakinahsil menggunakan 10 buah tahu putih, 3 butir telur, dan 250 gram udang.

foto: Instagram/@sakinahsil

Cara buatnya, cukup campur tahu dan telur jadi satu. Lalu potong cincang udang hingga ukurannya kecil. Setelah itu, campur udang cincang ke dalam wadah berisi tahu dan telur tadi. Lalu sisihkan terlebih dahulu.

foto: Instagram/@sakinahsil

Dalam chopper, masukkan 10 siung cabai merah, 6 siung bawang merah, dan 4 siung bawang putih. Kemudian haluskan. Jika sudah, tumis bumbu halus ini dalam wajan tanpa diberi minyak. Tumis sampai harum, lalu masukkan 10 gram wortel yang sudah diiris tipis.

foto: Instagram/@sakinahsil

Selanjutnya, aduk-aduk semua bahan sampai tercampur rata. Barulah kemudian masukkan bahan protein tadi. Tambahkan juga tauge yang sudah dicuci bersih, daun bawang iris, lada, dan garam. Lalu aduk-aduk lagi dan masak sampai semua bahan matang.

Jika sudah, tuang isian bahan ini ke kulit lumpia secukupnya. Lalu lipat dan tutup kulit lumpia menggunakan air supaya semakin menempel. Lakukan proses ini sampai isian dan kulit lumpianya habis.

foto: Instagram/@sakinahsil

Selanjutnya, siapkan wajan antilengket dan tuang 2 sdm minyak. Setelah itu, tata lumpia dan goreng sampai kulitnya benar-benar garing. Di tahap ini, jangan lupa bolak-balik lumpia agar matangnya merata dan nggak gosong. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Nah, kamu bisa langsung menikmati lumpia yang renyah dan tetap rendah kalori.