Brilio.net - Selain ikan, ada banyak jenis seafood yang bisa dinikmati, salah satunya adalah cumi-cumi. Cumi-cumi bisa diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari cumi lada hitam, cumi bakar, sampai cumi goreng krispi.

Olahan yang paling mudah dibuat adalah cumi goreng krispi. Walau simpel, tetapi kalau tidak diperhatikan, cumi goreng krispi bisa alot dan lembek, lho. Hal ini tentu akan mengurangi kelezatan dari cumi goreng krispi.

Untuk mengantisipasi cumi yang lembek, kebanyakan orang biasanya menambahkan baking soda ke dalam bahan marinasi. Baking soda dikenal bisa membuat adonan menjadi renyah.

Selain baking soda, ternyata baking powder juga bisa menjadi kunci untuk menghasilkan cumi-cumi yang empuk namun tidak lembek. Selama ini, baking powder bubuk pengembang yang mengandung tepung jagung.

Baking powder dapat mencegah aktivasi sifat asam dan basa sehingga bisa melepas karbon dioksida setelah bercampur dengan cairan. Nah, jika cumi-cumi dimarinasi dengan air dan campuran baking powder, maka akan menghasilkan cumi-cumi yang empuk dan antialot, lho.

Trik ini berhasil dipraktekkan oleh pemilik akun @sartikaayuas di Instagram. Ia memperlihatkan cara menggoreng cumi krispi agar hasilnya maksimal yaitu antialot, gurih, dan renyah.

"Enak banget, nggak bau amis, tepungnya nempel, dagingnya juga empuk! Bakal jadi menu andalan!!" tulisnya.

foto: Instagram/@sartikaayuas

Pertama siapkan cumi yang akan kamu goreng. Kemudian, marinasi cumi menggunakan dua bahan. Hal ini untuk menghadirkan tekstur cumi yang tidak alot.

Bahan marinasi yang perlu kamu persiapkan di antaranya 1 sdt garam dan 1 sdt baking powder. Takaran tersebut, digunakan untuk 3 buah cumi yang berukuran besar. Lalu, diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap.

foto: Instagram/@sartikaayuas

Sembari menunggu cumi dimarinasi, siapkan bahan tepung agar rasa cumi goreng makin gurih dan krispi. Kamu perlu menyiapkan bahan tepung basah dan tepung kering.

Untuk membuat adonan tepung basah, parut 2 siung bawang putih, kemudian taruh di suatu wadah seperti baskom kecil. Kemudian, tambahkan 5 sdm tepung terigu, 3 sdm tepung maizena, 1 sdt garam, 1/2 sdt lada bubuk, 1/2 sdt cabe bubuk, 1 sdm minyak wijen, 2 sdm saus tiram, 1 butir putih telur dan 1 sdm air. Campurkan seluruh bahan tersebut, pastikan semua bahan telah merata. Kamu bisa juga mengaduknya menggunakan sendok.

foto: Instagram/@sartikaayuas

Kemudian, siapkan bahan tepung kering dalam wadah yang berbeda. Siapkan 3 sdm tepung terigu, 1 sdm tepung maizena, 1/2 sdt baking powder, 1 sdt cabai bubuk. Campurkan seluruh bahan tersebut hingga merata.

Setelah itu, ambil cumi yang baru saja kamu marinasi. Cuci dengan air mengalir hingga bersih. Lalu, masukkan cumi ke adonan tepung basah. Aduk-aduk hingga merata. Setelah itu, angkat cumi dari adonan tepung basah dan balurkan ke adonan tepung yang kering. Kini, adonan cumi siap untuk digoreng.

foto: Instagram/@sartikaayuas

Lalu, panaskan minyak goreng di kompor. Berikan minyak yang cukup banyak agar adonan cumi bisa tenggelam sehingga dapat matang dengan sempurna. Setelah matang segera tiriskan. Kini, cumi goreng bisa kamu nikmati sebagai camilan atau lauk makanan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ayu (@sartikaayuas)