Brilio.net - Bawang putih termasuk salah satu rempah penting yang wajib ada di dapur. Bukan tanpa sebab, rempah satu ini kerap menjadi bumbu utama dalam berbagai hidangan, mulai dari tumisan hingga sup dan saus. Cita rasanya yang kuat mampu mengubah rasa masakan agar lebih kompleks dan lezat.

Bawang putih bisa digunakan dalam bentuk segar, kering, atau bahkan bubuk, masing-masing memberikan nuansa yang berbeda pada masakan. Namun untuk marinasi atau campuran sup, banyak orang mengandalkan bawang putih bubuk karena mudah larut dan tercampur dengan bahan makanan lain. Oleh sebab itu, bawang putih bubuk juga banyak diburu di pasaran.

Namun selain membelinya di pasar, sebenarnya kamu bisa membuat bawang putih bubuk sendiri lho. Cara dan alat yang digunakan juga praktis karena kamu nggak selalu harus menggunakan oven atau menjemurnya berhari-hari. Seorang pengguna Instagram @lydia.kusyono pernah membagikan trik lain yang lebih praktis menggunakan alat sederhana.

Dilansir BrilioFood pada Minggu (11/8), wanita bernama Lydia ini mengaku hanya mengandalkan rice cooker. Yup! Rice cooker ini digunakan untuk memasak dan mengeringkan bawang putih. Namun teknik yang dilakukan harus tepat supaya bawang putih bisa kering sempurna.

foto: Instagram/@lydia.kusyono

Lebih jelasnya, siapkan beberapa siung bawang putih yang hendak dikeringkan. Setelah itu, potong-potong atau cincang hingga bentuknya agak halus. Barulah kemudian masukkan bawang putih cincang ini ke dalam inner pot atau panci di dalam rice cooker.

foto: Instagram/@lydia.kusyono

Jika sudah, tutup bagian atas inner pot atau panci rice cooker dengan selembar kain kering yang bersih. Jadi rice cooker ini tak perlu ditutup lagi, ya. Bagian atasnya cukup dialasi dengan kain bersih saja.

Selanjutnya, nyalakan rice cooker dan biarkan dalam mode warm. Di tahap ini, diamkan rice cooker selama minimal 12 jam. Lalu bolak-balik bawang putihnya agar kering merata. Jika ingin lebih kering, diamkan lagi selama 1,5 hari.

foto: Instagram/@lydia.kusyono

Setelah bawang putihnya kering, pindahkan ke dalam blender atau chopper. Lalu blender sampai benar-benar halus seperti bubuk. Barulah kemudian pindahkan ke dalam jar atau wadah kedap udara. Agar lebih tahan lama, kamu bisa menambahkan silica gel ke dalam wadah agar bawang putih bubuk tidak mudah berjamur atau padat.

Sejak diunggah pada Selasa (6/8) lalu, video tentang trik bikin bawang putih bubuk ini telah ditonton lebih dari 468 ribu kali. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna Instagram yang tertarik mencoba trik tersebut. Hal ini diungkapkan langsung melalui kolom komentar.

"wah mau coba ah," papar Instagram @lutfysalma.

"Wah, ilmu yg keren sekali kakak.. Kalo di pasaran kan bubuk baput ada maltedokstrin nya, bingung cari yg 100% murni belum nemu," tulis akun Instagram @wahyue_pictory.

"Waw bermanfaat sekali," komentar akun Instagram @riccamayasari90.

"makasin banyak infonyaa, otw praktek nih," kata Instagram @rahel.knn.

"Untung botol bekas suplemen blm dibuang krn buat main bocil, mau ambil silicanya buat bikin ginian. Makasih sharingnya," sahut Instagram @viviokey.