Brilio.net - Pisau jadi alat dapur yang sering digunakan dalam proses memasak. Bagaimana tidak, pisau digunakan untuk memotong dan mengiris berbagai bahan masakan yang akan diolah. Untuk menghasilkan potongan yang sempurna, tentu memerlukan pisau yang tajam. Terlebih saat memotong bahan masakan yang berserat dan keras seperti daging sapi.

Memakai pisau yang tajam juga bisa membuat proses memasak jadi lebih efektif dan efisien. Sayangnya, seiring pemakaian, pisau bisa jadi tumpul. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan alas potong atau talenan yang tidak tepat. Alas potong yang bertekstur keras akan membuat mata pisau semakin tumpul kalau digunakan terus-menerus.

Mengetahui hal itu, sejumlah orang sengaja mengasah pisau dengan batu asah. Caranya, rendam terlebih dahulu batu asah di dalam air selama beberapa menit. Kalau sudah, letakkan batu asah di permukaan yang keras seperti meja. Lalu pegang pisau dengan posisi miring dan gosok mata pisau ke permukaan batu. Setelah digosok beberapa saat, mata pisau pun kembali tajam kembali. Dengan begitu, kamu bisa maksimal memanfaatkan pisau.

Tapi nggak melulu pakai batu asah, ternyata ada cara lain yang bisa dipraktikkan saat hendak mengasah pisau tumpul. Seorang emak-emak pengguna TikTok @heryantiahmady sempat menunjukkan caranya di salah satu videonya. Tampak dalam unggahan videonya, warganet ini mengganti batu asah dengan satu alat sederhana yang ada di rumah. Penasaran bagaimana caranya?