Proses memasak nggak selalu berjalan mulus. Terkadang ada saja kesalahan yang terjadi saat memasak. Misalnya ketika masak, malah jadi gosong, masakan terasa hambar, hingga keasinan.

Mengenai rasa masakan sebenarnya relatif sesuai selera masing-masing. Apalagi memasak nggak cukup hanya mengandalkan takaran dari resep saja. Kamu juga perlu mengandalkan insting saat memberi bumbu pada masakan.

Tapi saat masakan dirasa terlalu asin, sejumlah orang memilih membuangnya begitu saja. Padahal, masakan bisa diperbaiki dengan cara praktis. Nggak perlu dimasak dari awal, cukup tambahkan potongan kentang ke masakan. Dengan begitu, kandungan garam pada masakan akan meresap di kentang.

Tapi nggak perlu khawatir kalau stok kentang sedang habis. Karena ada bahan makanan lain yang bisa ditambahkan ke dalam masakan keasinan. Caranya sempat ditunjukkan oleh pengguna TikTok @melizah615.

Dilansir BrilioFood dari TikTok @melizah615 pada Sabtu (6/7), satu bahan makanan yang dipakai adalah santan. Jangan yang kental, cukup andalkan santan cair saja.

 

 

 

TikTok/@melizah615

Tampak dalam unggahan video, warganet ini sedang memasak sambal hijau pakai panci. Saat dicicipi, rasa sambal ternyata terlalu asin. Mengetahui hal itu, ia langsung menambahkan santan cair sebagai campuran sambal.

TikTok/@melizah615

Aduk-aduk sampai santan larut sempurna dalam sambal. Penambahan santan ini dianggap bisa menetralkan rasa asin pada sambal.

TikTok/@melizah615

Nggak cuma itu, rasa sambal yang dihasilkan juga jadi lebih gurih dan menggugah selera. Masak sambal sampai kandungan airnya menyusut.

Kalau sudah, cicipi lagi sambal yang dimasak. Saat rasanya sudah pas, sambal bisa langsung disajikan. Namun kalau belum pas, kamu bisa menambahkan santan lagi ke dalamnya. Gimana mudah kan caranya?