Dilansir BrilioFood dari YouTube Roni Jenggot pada Sabtu (4/11), bumbu dapur yang dipakai adalah kaldu bubuk atau penyedap rasa. Dalam video tersebut, dia mulanya memperlihatkan tanaman cabai yang sangat rimbun. Bahkan buahnya pun sangat banyak dan melimpah. Usut punya usut, pemberian kaldu bubuk tadi menjadi salah satu kunci penting, nih.

foto: YouTube/Roni Jenggot

Sedangkan untuk cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Pertama-tama, siapkan dulu 1 liter air. Lalu masukkan 1/2 sdm kaldu bubuk rasa ayam. Jika sudah, aduk-aduk menggunakan sendok sampai kaldu bubuknya larut dengan air.

Selanjutnya, ambil 200 ml air tersebut. Lalu siramkan ke sekitar batang bagian bawah tanaman cabai. Setiap 200 ml ini bisa dipakai untuk 1 tanaman cabai. Untuk durasinya, kamu bisa melakukan penyiraman cairan ini selama 1 minggu sekali.

foto: YouTube/Roni Jenggot

"R*yc* ini yang terbuat dari rempah-rempah dari pabrik, yang mana ada daging, susu, kedelai, bahkan dari bahan-bahan kunyit, semua itu adalah nutrisi bagi tanaman," jelasnya lebih lanjut.

Roni menjelaskan, cairan kaldu ini dapat diberikan pada tanaman cabai yang sudah berbunga maupun yang baru disemai. Dengan begitu, tanaman cabai bisa tumbuh subur dan cepat berbuah lebat.

foto: YouTube/Roni Jenggot

Tidak sedikit warganet lain memberikan tanggapan secara langsung melalui kolom komentar. Sebagian besar mereka mengaku ingin mencoba trik tersebut secara langsung.

"Waw... hanya modal royco buah cabe bisa lebat sampai mentiyung, mantap2!!! Akan saya praktekkan mas Roni," papar YouTube @tiursibuea99.

"Trimakasih bang ilmunya yang sangat bermanfaat cuma bermodal kan royco utk pohon cabe biar lebat buahnya salam kenal dari jatim bang," kata YouTube @wongkampung632.

"pernah dengar kalo air cucian daging bisa menyuburkan dan melebatkan buah. enggak kepikiran dg kaldu ayam atau kaldu daging instan. terima kasih informasinya bang," ujar YouTube @widiasabrina6084.