Brilio.net - Ada berbagai tanaman yang bisa ditanam di pekarangan rumah. Salah satunya adalah tanaman cabai. Saat tanaman satu ini tumbuh dan berbuah, kamu bisa memanennya lalu dipakai untuk campuran masakan.

Namun, masih banyak pemula yang bingung bagaimana trik merawat tanaman cabai agar tumbuh subur. Bukan tanpa alasan, kalau caranya kurang tepat, tanaman cabai malah kering hingga mati, lho.

Nah, supaya tumbuh dengan baik, tanaman cabai bisa diberi pupuk secara rutin. Salah satu pupuk yang sering dipakai untuk tanaman cabai adalah garam. Tinggal taburkan garam di media tanam tanaman cabai secara merata.

Tapi biar nutrisi yang didapat tanaman cabai kian maksimal, kamu bisa mengganti garam dengan bahan lain. Sama seperti yang dilakukan oleh pengguna Instagram @infarm.id. Tampak dalam unggahan videonya, warganet ini meracik pupuk untuk tanaman cabainya tanpa campuran garam sedikit pun.

Cara menyuburkan pohon cabai agar buahnya lebat.

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @infarm.id pada Jumat (14/6), bahan utama pembuatan pupuk adalah kepala dan jeroan lainnya seperti tulang dan sisik lele. Langsung pukul-pukul kepala ikan lele pakai ulekan.

"Geprek biar keluar semua unsurnya," ujarnya.

foto: Instagram/@infarm.id

Kalau sudah, masukkan remukan kepala lele ke wadah berisi 2 liter air. Lalu tuang juga cairan EM4 sebanyak 30 ml. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata.

foto: Instagram/@infarm.id

Nggak berhenti sampai di situ, pengguna akun Instagram tersebut juga menambahkan 1 buah gula jawa yang telah disisir. Jadi, dua bahan dapur tambahan yang dimaksud adalah kepala ikan lele dan gula jawa. Aduk-aduk, tutup rapat wadah, dan diamkan selama 3 minggu.

foto: Instagram/@infarm.id

Setelah didiamkan selama 3 minggu, buka tutup wadah. Pupuk yang dibuat pun bisa langsung dipakai. Caranya, campurkan 20 ml cairan pupuk ke dalam 1 liter air. Aduk-aduk sampai tercampur rata.

foto: Instagram/@infarm.id

Kalau sudah, siram cairan tersebut ke tanaman cabai. Lakukan proses penyiraman pupuk ini secara rutin agar tanaman cabai bisa berbuah maksimal.

Dilansir dari jombangkab.go.id, kandungan asam amino yang ada pada kepala lele dapat jadi nutrisi paling dibutuhkan tanaman. Karena nutrisinya terpenuhi, tanaman pun akan berbuah dengan jumlah banyak dan berkualitas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Kayuan Infarm Indonesia (@infarm.id)