Brilio.net - Buah pisang dengan rasanya yang manis dan tekstur lembut, menjadi salah satu buah populer. Pisang dikenal tidak hanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga tinggi nutrisi. Buah ini mengandung banyak vitamin, terutama vitamin C dan vitamin B6, serta mineral penting seperti potassium. Sejumlah nutrisi tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan fungsi otot.

Biasanya sejumlah orang akan mengolah pisang jadi camilan, dikonsumsi langsung. Namun ada juga yang mengolahnya jadi berbagai macam menu, seperti dessert atau minuman. Memang teksturnya lembut membuat buah pisang mudah tercampur dengan bahan lain.

Banyaknya manfaat pisang membuat buah kuning satu ini kerap disimpan sebagai stok makanan. Sayangnya menyimpan buah pisang seringkali jadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Bukan tanpa sebab, pisang termasuk buah yang mengeluarkan gas etilen cukup banyak. Gas ini membuat buah matang lebih cepat.

Jika kamu membeli pisang yang sudah matang, biasanya buah tersebut akan mulai membusuk dalam sehari. Supaya pisang matang tapi tidak cepat busuk, banyak orang kemudian meletakkannya di kulkas. Padahal menyimpan pisang di kulkas bukan solusi, karena gas etilen tetap akan keluar dan malah membuatnya semakin matang atau bahkan membusuk.

Sebagai gantinya, kamu bisa menerapkan trik menyimpan buah pisang matang yang dibagikan oleh pengguna Instagram @wildan_ggcs. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku punya trik lebih sederhana dan ampuh buat memperpanjang durasi penyimpanan pisang sekalipun sudah matang. Buah pisang ini bahkan bisa awet tanpa kulkas meskipun disimpan berhari-hari.

Usut punya usut, ada satu alat yang digunakan untuk menerapkan trik tersebut. Dilansir BrilioFood dari Instagram @wildan_ggcs pada Jumat (2/8), alat yang dimaksud adalah tisu. Yup, tisu ini akan digunakan untuk mengelap pisang dan menutup sumber gas etien.

foto: Instagram/@wildan_ggcs

Lebih jelasnya, siapkan dulu pisang matangnya. Dalam video tersebut, pengguna Instagram @wildan_ggcs menyimpan pisang yang masih menempel pada tandan atau batangnya. Dia lantas membilasnya di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel.

foto: Instagram/@wildan_ggcs

Setelah dicuci bersih, keringkan pisang tersebut. Kamu bisa mengelapnya dengan tisu atau kain kering agar airnya benar-benar hilang. Pastikan tidak ada air yang menggenang atau masih menempel di permukaan pisang karena bisa berpotensi menyebabkan buah tersebut membusuk lebih cepat.

foto: Instagram/@wildan_ggcs

Jika sudah kering, langsung bungkus bagian tandan atau ujung batang daun pisang. Nah, ujung batang inilah yang menjadi sumber gas etilen. Ketika batangnya dibiarkan terbuka, maka pisang akan terpapar gas etilen terus menerus, sehingga cepat busuk. Oleh sebab itu, kamu harus menutupnya.

Dalam video tersebut, pengguna Instagram @wildan_ggcs membungkus gas etilen menggunakan beberapa lembar tisu. Pastikan ujung batangnya tertutup rapat, ya. Barulah kemudian rekatkan menggunakan karet atau lakban putih. Setelah itu, simpan pisang ini di suhu ruang.