"Cabainya ini berbuah lebat dan cepat sekali tumbuhnya jadi bisa cepat panen," ungkapnya dikutip BrilioFood dari YouTube Petani Muda Sukabumi pada Kamis (9/11).

Nah, satu jenis minuman yang dipakai adalah minuman probiotik atau semacam susu fermentasi yang bisa dibeli di warung kelontong, pasar, hingga swalayan besar. Dalam videonya, warganet satu ini hanya mencampurkan satu botol minuman probiotik (65 ml) dengan 1 liter air.

"Saya campurkan gini ya teman-teman, langsung diaduk-aduk biar tercampur merata," ungkapnya.

foto: YouTube/Petani Muda Sukabumi

Dilansir dari greenleafnutrients.com, kandungan kalsium dari minuman probiotik bisa mempercepat pertumbuhan daun dan bunga pada tanaman cabai. Nggak cuma itu, kandungan kalsium juga bisa meningkatkan zat hijau (klorofil) untuk proses fotosintesis. Dengan begitu, tanaman cabai pun akan tumbuh dengan optimal.

Cara pengaplikasiannya, tinggal semprotkan larutan minuman probiotik ke tanaman cabai secara merata. Agar hasilnya maksimal, ia menyemprotkan pupuk alami ini secara rutin.

"Ini hasilnya ya teman-teman, baru disemprot dua hari aja, langsung cabainya merah-merah gini siap untuk dipanen," ucapnya.

foto: YouTube/Petani Muda Sukabumi

Cabai yang dihasilkan pun tampak berkualitas. Selain ukurannya besar, tampilan luarnya juga kinclong karena terbebas dari gangguan hama.

foto: YouTube/Petani Muda Sukabumi

Larutan minuman probiotik ini juga bisa dijadikan obat untuk tanaman cabai yang hampir mati. Iya, biasanya tanaman cabai kering ataupun terserang berbagai gangguan hama.

"Monggo dicoba bunda, bisa juga untuk mencegah bunga rontok dan memulihkan tanaman yg sakit hihihi," ungkapnya.

foto: YouTube/Petani Muda Sukabumi

Video milik YouTube Petani Muda Sukabumi ini langsung menyita perhatian warganet. Semenjak diunggah pada Februari 2022, video ini sudah ditonton sebanyak 1.714 dan disukai oleh 64 akun YouTube lainnya. Nggak cuma itu, beberapa warganet juga meninggalkan respons di kolom komentar.

"ditambah bubuk cangkang telur biar tambah jos," tulis akun YouTube Ramdhanidwicahyo3550.

"Makasih informasinya, penyemprotan dengan menggunakan yakult tak pernah terpikirkan sebelumnya," ujar akun YouTube Ecacrochet.

"Baru tau kl bisa pake yakult," sahut akun YouTube Ayasuayah8118.